Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 82
Jawaban bahasa Indonesia halaman 82 kelas 9
1. Jawaban bahasa Indonesia halaman 82 kelas 9
Jawaban kelas IX kurikulum 2019 halaman 82-83 adalah;
mengisikan uraian yang tepat mengenai cerpen Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan.
Orientasi:
Pengenalan tokoh Mogu secara umum. Mogu adalah seorang anak yang sebatang kara yang hidup dari berladang dan mencari kayu bakar. Meski ia berusia 7 tahun, ia rajin membaca.
Rangkaian peristiwa:
Pada suatu hari Mogu tersesat di hutan dan bertemu dengan Tule, pohon pengetahuan. Tule menguji Mogu tentang kegunaan ilmu pengetahuan. Mogu lolos dan kemudian Tule mengajarkan banyak ilmu pengetahuan kepadanya hingga Mogu menjadi pemuda yang tampan. Tule meminta Mogu mengembara untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan ilmu pengetahuan hingga akhirnya Mogu sampai di Ibu kota. Raja mendengar kepintaran Mogu dan terkesan dengannya.
Komplikasi:
Namun, pejabat Monda iri pada Mogu. Monda mengajukan pertanyaan kepada Mogu di depan raja. Raja terkagum-kagum dan bertanya kepada Mogu, di mana letak pohon pengetahuan. Mogu pun mengantarkan raja ke Tule dengan satu syarat: tidak memberitahukan siapa pun. Raja ingin belajar pada Tule, tetapi Tule menolaknya karena waktunya hampir habis. Tiba-tiba Monda muncul beserta pasukannya dan meminta Tule mengajarinya juga. Tule menolak dan Monda marah hingga membakar Tule meski telah dihalangi oleh Mogu dan raja.
Resolusi:
Monda dan pengikutnya mendapatkan hukuman dari raja, tetapi mereka disambar petir hingga tewas terbakar. Sebelum meninggal, Tule memberikan buku. Mogu menjadi raja baru bertahun-tahun kemudian.
Penjelasan:
Apabila diringkas, struktur cerpen Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan adalah
Orientasi pada paragraf 1.
Rangkaian peristiwa pada paragraf 2-11
Komplikasi pada paragraf 12-24 (satu paragraf di akhir cerpen - Raja dan Mogu berusaha menghalangi, tetapi mereka kewalahan)
Resolusi pada paragraf terakhir (Walau berhasil menghancurkan pohon pengetahuan
2. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 82-83
Kesimpulan: Kepariwisataan berdampak positif terhadap pendapatan masyarakat.Dalam hal ini perlu diperhatikan kebutuhan berekreasi yaitu, kenyamanan dan ketentraman.Oleh sebab itu, perlu ditingkatkan pembinaan/pengolahan pariwisata sehingga dapat meningkatkan omset bidang pariwisata.
Semoga membantu
3. jawaban bahasa Indonesia kelas8 halaman 82
Jawaban:
Kegiatan 3.6
1. Secara berkelompok, amatilah teks berikut!
2. Buktikanlah berdasarkan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks eksposisi!
3. Catatlah aspek-aspek kebahasannya itu ke dalam tabel berikut!
4. Kemudian, rumuskan simpulan tentang ciri teks tersebut berdasarkan aspek-aspek kebahasaannya.
Pembahasan:
a. Kata teknis: Menggunakan peristilahan yang berkenaan dengan topik pariwisata yang menjadi fokus pembahasannya, istilah yang muncul dalam teks tersebut adalah wisatawan, komersialisme, domestik, dan rekreasi.
b. Konjungsi kausalitas: Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan argumentasi seperti teks. Oleh karena itu, untuk itu, dan sementara itu.
c. Kata kerja mental: Menggunakan kata-kata kerja mental seperti mengubah, mengetahui, melewati, menghasilkan.
d. Kata perujukan: Pada paragraf keempat menggunakan kata-kata perujukan, yaitu hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Dirjen Pariwisata menunjukkan bahwa wisatawan asing lebih tertarik pada tradisi, lalu menyusul keindahan alam, warisan budaya, kerajinan tangan, dan terakhir keindahan alam di pantai.
e. Kata persuasif: Menggunakan kata-kata persuasif, seperti perlu, harus.
Simpulan: Teks di atas termasuk ke dalam teks eksposisi karena aspek kebahasaan khusus yang dimiliki oleh teks eksposisi, yaitu kata teknis (istilah) yang terkait dengan topik, konjungsi kausalitas, kata kerja mental, kata perujukan, dan kata persuasif.
4. Tuliskan kaidah kebahasaan yang terdapat dlm teks pariwisata berada dlm halaman 83 pelajaran bahasa indonesia kelas 8 dan buatpah tabel seperti di halaman 82? Pliss perlu sekarang
Jawaban:
A.kata teknis
wisatawan, komersialisme, domestik, dan rekreasi.
B.konjungsi kuasalitas
Oleh karena itu, untuk itu, Sementara itu
C.kata kerja mental
Berdampak, mengandalkan, meluaslah, mendorong, diusahakan, memperkuat, memperkecil, didasarkan, dikembangkan
D.kata perujukan
Menunjukkan bahwa
E.kata persuasif
Perlu, harus
f. Simpulan
Teks ini termasuk ke dalam teks eksposisi karena aspek kebahasaan khusus yang dimiliki oleh teks eksposisi, yaitu kata teknis (istilah) yang terkait dengan topik, konjungsi kausalitas, kata kerja mental. kata perujukan, dan kata persuasif.
5. kunci jawaban kelas 9 bahasa indonesia hal 82
Jawaban:
Orientasi : Pengenalan tokoh Mogu secara umum. Mogu adalah seorang anak yang sebatang kara yang hidup dari berladang dan mencari kayu bakar. Meski ia berusia 7 tahun, ia rajin membaca.
Rangkaian Peristiwa : Pada suatu hari, Mogu tersesat di hutan dan bertemu dengan Tule, pohon pengetahuan. Tule menguji Mogu tentang kegunaan ilmu pengetahuan.
Mogu lolos dan kemudian Tule mengajarkan banyak ilmu pengetahuan kepadanya hingga Mogu menjadi pemuda yang tampan.
Tule meminta Mogu mengembara untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan ilmu pengetahuan hingga akhirnya Mogu sampai di ibukota. Raja mendengar kepintaran Mogu dan terkesan dengannya.
Komplikasi : Namun, pejabat Monda iri pada Mogu. Monda mengajukan pertanyaan kepada Mogu di depan raja. Raja terkagum-kagum dan bertanya kepada Mogu, di mana letak pohon pengetahuan. Mogu pun mengantarkan raja ke Tule dengan satu syarat: tidak memberitahukan siapa pun. Raja ingin belajar pada Tule, tetapi Tule menolaknya karena waktunya hampir habis. Tiba-tiba Monda muncul beserta pasukannya dan meminta Tule mengajarinya juga. Tule menolak dan Monda marah hingga membakar Tule meski telah dihalangi oleh Mogu dan raja.
Resolusi : Monda dan pengikutnya mendapatkan hukuman dari raja, tetapi mereka disambar petir hingga tewas terbakar. Sebelum meninggal, Tule memberikan buku. Mogu menjadi raja baru bertahun-tahun kemudian.
Jadikan Jawaban Terbaik Yaa
6. bahasa inggris kelas 9 halaman 82
Jawaban:
3. A: ayo pergi ke ibu mu dan tanya dia cara membuat tahu isi
B: hari ini dia di posyandu sampai nanti siang. dia melakukan vaksinasi untuk bayi dan anak kecil di lingkunganku
4. A: dimana edo? dia biasanya datang lebih awal daripada ku
B: dia tidak bisa datang kerja kelompok hari ini. dia membantu ayahnya memperbaiki pagar rumahnya
7. kunci jawaban buku bahasa Indonesia kelas 10 revisi 2017 halaman 82 tentang teks anekdot
Jawaban:
Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal istilah teks anekdot. Teks anekdot dapat diartikan sebagai suatu teks yang mengandung unsur lucu dan digunakan sebagai alat untuk menyampaikan kritik. Sebuah anekdot dapat digunakan untuk menyampaikan kritik dalam bidang politik, sosial, ekonomi, dan bidang lainnya. Selain itu, selain berupa teks, anekdot juga dapat disajikan dalam bentuk grafik. Oleh karena isinya, setiap teks anekdot dimaksudkan sebagai sindiran kepada pihak tertentu.
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan satu teks anekdot. Kemudian, kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang teks anekdot tersebut.
Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
1. Siapa yang diceritakan dalam anekdot tersebut?
Jawaban:
Timur Lenk dan Nasrudin.
2. Masalah apa yang diceritakan dalam anekdot?
Jawaban:
Kualitas membaca
3. Temukan unsur humor dalam anekdot tersebut!
Jawaban:
Jadi kalau kita juga membuka-buka buku tanpa mengerti isinya, berarti kita sebodoh keledai, bukan?
4. Menurut pendapatmu, selain menceritakan hal yang lucu, adakah pesan tersirat yang hendak disampaikan pencerita dalam anekdot tersebut?
Jawaban:
Kita harus memahami setiap informasi yang kita baca dalam buku, jangan sekadar membalik halaman buku.
5. Mengapa cerita lucu tersebut disebut anekdot?
Jawaban:
Karena cerita tersebut juga mengandung unsur sindiran di blaik cerita lucu yang diusung.
Contoh lain tentang anekdot dapat kamu pelajari pada halaman berikut ini:
brainly.co.id/tugas/973723
Simpulan:
Teks anekdot dapat diartikan sebagai suatu teks yang mengandung unsur lucu dan digunakan sebagai alat untuk menyampaikan kritik.
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Kategori: Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: anekdot
Penjelasan:
8. bahasa indonesia hal. 82 kelas 8
Yaitu :
Kegitana 3.6
1. Secara berkelompok, amatilah teks berikut!
2. Buktukanlah berdaaarkan aspek kebahasaanya bahwa teks tersebut jenis teks ekposisi!
( KATA TEKNIS )
( CIRI - CIRI KEBAHASAAN TEKS EKPOSISI )
( kata persuasif )
(Kata rujukan )
( Kata kerja metal )
( kongjungsi kaulitas )
3. Catatlah aspek kebhasaanya itu ke dalam tabel berikut !
4. Rumuskan ciri teks!
9. Translate bahasa arab kelas 8 halaman 82
Jawaban:
Maaf saya tidak tahu jawabannya
Karena tidak ada gambar soalnya
Terimakasih
10. jawaban informatika halaman 82 kelas 7
Ada beberapa alasan terkait perlunya untuk mempelajari informatika diantaranya, agar kita dapat pandai dan bijak dalam menggunakan teknologi digital pada saat saat ini, Untuk lebih mengembangkan produktivitas dalam diri kita.
Berikut adalah jawaban dari soal informatika halaman 82 :
3. Printer
Input (apabila ada scanner ✅, jika tidak ❌)Pemroses ✅Output ✅Storage ❌4. Microphone
Input ✅Pemroses ❌Output ❌Storage ❌5. Harddrive
Input ❌Pemroses ✅Output ❌Storage ✅6. Pen Tablet
Input ✅Pemroses ✅Output ❌Storage ❌7. Graphics Card
Input ❌Pemroses ✅Output ✅Storage ❌8. sepertinya Keyboard
Input ✅Pemroses ✅Output ❌Storage ❌9. sepertinya joystick
Input ✅Pemroses ✅Output ❌Storage ❌10. flashdrive?
Input ✅Pemroses ✅Output ❌Storage ✅PembahasanInformatika adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang transformasi fakta berlambang yaitu berupa data atau informasi pada suatu mesin yang berbasis komputasi. Informatika mencakup beberapa bidang,diantaranya seperti: ilmu komputer, sistem informasi, teknik komputer, ilmu informasi dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari tentang struktur, sifat, dan interaksi dari berbagai sistem yang digunakan saatmengumpulkan data, lalu memproses dan menyimpan hasil dari pemrosesan data tersebut, dan kemudian menampilkannya dalam bentuk informasi.
Berikut adalah contoh dari penerapan teknologi informasi atau informatika dalam kehidupan sehari-hari :
Handphone merupakan salah satu teknologi komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakar Indonesia. HP sekarang sudah menjadi barang utama dalam kehidupan sehari hari terutama sebagai sarana komunikasi.Personal Stereo adalah suatu alat yang dapat menghasilkan suara dan musik yang bisa didengar lewat headphone.Komputer, memiliki kegunaan untuk memanipulasi dan mengelola data yang sesuai dengan perintah user atau pengguna.Telegraf adalah alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh dan berupa simbol kode morse.Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian informatika dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/2884546Materi tentang manfaat informatika dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/30539676Materi tentang penerapan teknologi informasi dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/24453928Detail jawabanKelas : 7
Mapel : TIK
Bab : Peranan teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan
Kode : 7.11.3
#AyoBelajar
#SPJ2
11. buku paket bahasa indonesia halaman 82 kurikulum k13
Jawaban:
1
Sekolah Dasar B. indonesia 48 poin
Arti Sebuah Kejujuran
Cerpen Karangan: Siti Masturoh
Di sekolah ternama, ada enam siswi yang bersahabat yaitu Rena, Lia, Desy, Unez, Dinda, dan Vony. Mereka sedang duduk di kelas 9. Suatu hari mereka sedang disibukkan dengan tugas praktik melukis, jam sudah menunjukkan pukul 12.30 tetapi mereka belum selesai, sampai akhirnya mereka memutuskan untuk bergiliran shalat dhuhur, giliran pertama yaitu Lia dan Vony.
Setibanya di masjid, airnya tidak mengalir, jadi mereka turun ke bawah untuk wudhu. Karena mukenanya ada satu, jadi mereka giliran shalatnya itu pun mukenanya juga sudah kotor. Ketika Lia shalat terlebih dahulu, tiba-tiba ada Ary (lelaki yang Vony suka), waktu itu Vony jadi salah tingkah apalagi Ary dan teman temannya masuk masjid untuk sholat.sewaktu Ary lagi wudhu di bawah Vony jadi mengurungkan niatnya untuk tidak jadi shalat walaupun dipaksa-paksa oleh Lia tetapi tetap aja tidak mau dengan alasan mukenanya jelek dan kotor. Lia pun penasaran kenapa Vony jadi begini tidak seperti biasanya.
Waktu itu Lia menyindir Vony “kamu suka ya sama Ary? sampai-sampai gak mau shalat gara-gara mukenanya gini?” dengan gugupnya karena takut ketahuan, Vony bilang tidak. Padahal dari ekspresinya sudah terlihat banget dan itu yang membuat Lia lebih yakin lagi, saat di tempat penyumpanan sepatu hampir saja Lia mengatakan pada semua orang yang tadi terjadi di masjid, namun usaha Lia gagal karena Vony membekap mulutnya dengan kertas yang sedang dipegangnya.
Setelah itu mereka semua berkumpul sambil membicarakan tentang lukisan yang sudah dibuatnya, tetapi tidak dengan Vony, dia sedang menulis di belakang mereka. Tanpa sepengetahuan Vony, Lia membicarakan pada semuanya yang terjadi di masjid, “ehh… tau gak, tadi tuh si Vony gak jadi shalatnya gara-gara malu memakai mukena yang ada di masjid selain itu dia juga malu sama kamu… Ary!” kata Lia. Mereka semua tertawa sambil memandang ke arah Vony, dia pun tidak bisa apa-apa hanya diam dan tertunduk malu, dia tidak habis pikir kalau Lia akan berbuat seperti itu, sekarang yang ada di hati Vony adalah sakit hati dan dendam pada Lia.
Ketika kembali ke kelas Vony duduk sambil tiduran di atas meja, mereka pikir Vony hanya sedang tiduran tetapi ketika Lia melihat ke bangkunya sedang nangis, Lia pun melontarkan kata maafkan beberapa kali tetapi tidak dijawab oleh Vony, kini Lia merasa bersalah dan di situ Lia ikutan menangis. Namun dengan nangisnya Lia, Vony tetap tidak bicara karena sakit hatinya yang terlalu dalam. Memang dari awal Vony tidak pernah bicara sama siapapun kalau Dia suka sama Ary, jadi akibatnya seperti ini. Kalau saja Vony bicara jujur dari awal mungkin teman-temannya tidak akan bilang apalagi mempermalukan Vony di depan semua orang.
Hari demi hari sudah terlewati, tetapi Vony masih menghindar dari mereka. Akhirnya persahabatan yang mereka jalani kini sekarang sudah hancur dan berpisah satu sama lainnya.
1.tentukan latar belakang masyarakat
2.tentukan latar belakang penulis
3.tentukan nilai budaya
4.tentukan nilai moral
5.tentukan nilai sosial
Penjelasan:
12. Translate bahasa arab kelas 8 halaman 82
Jawaban:
Maaf saya tidak tahu jawabannya
Karena tidak ada gambar soalnya
Terimakasih
13. jawaban buku brilian bahasa inggris halaman 82 kelas 8
Jawaban:
1.>>Whatmotherdointhekitchen?
>>ShecookspastaforDiner
2.>>whatfatherdointhefrontyard?
>>Hewashesthecar
3.>>Doyoumakeahandycraft?
>>YesImakeitforbirthdaygift
4.>>DoyoursisterwatchonTV?
>>ShewatchherfavouriteKorean
drama
5.>>Doyourchildrenplayintheyard?
>>Mychildrenplayfootball
14. jawaban informatika halaman 82 kelas 7
Teknologi Informatika (TI) adalah suatu istilah umum dalam teknologi apa saja yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa jawaban Informatika halaman 82 kelas 7 antara lain sebagai berikut:
Processor termasuk kategori pemroses.Sd card termasuk kategori input, pemroses, dan storage.Pembahasan:
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Begitu juga dengan pekerjaan manusia yang semakin mudah dengan adanya peralatan yang canggih dan internet. Dengan adanya internet dan komputer, pekerjaan manusia semakin cepat dan mudah. Misalnya pada saat kita akan mempromosikan suatu produk, kita bisa mempromosikan melalui media sosial dan internet sehingga produk tersebut dapat diketahui oleh masyarakat luas dengan cepat. Teknologi Informatika (TI) adalah suatu istilah umum dalam teknologi apa saja yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa jawaban Informatika halaman 82 kelas 7 antara lain sebagai berikut:
Processor termasuk kategori pemroses.Sd card termasuk kategori input, pemroses, dan storage.Pelajari lebih lanjut
Materi tentang fungsi microsoft word brainly.co.id/tugas/5075012Materi tentang pengertian microsoft word brainly.co.id/tugas/832101Materi tentang cara membuka microsoft word brainly.co.id/tugas/3283447Detail jawaban
Kelas : 7
Mapel : TIK
Bab : Perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
Kode : 7.11.2
#AyoBelajar
#SPJ2
15. Tugas bahasa indonesia kelas 8 halaman 82-83 buat struktur dan menyebut paragraf
Struktur teks eksposisi adalah tesis: Pariwisata berdampak pada kehidupan sosial dan budaya, rangkaian argumen: Kegiatan konsumsi pariwisata di bidang kesenian misalnya, mungkin dapat mengandalkan makna kesenian itu sendiri.
16. bahasa indonesia hal. 82 kelas 8
Bahasa Indonesia halaman 82 kelas 8 adalah secara berkelompok siswa mengamati teks yang berada di halaman 83 dan membuktikan berdasarkan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks eksposisi. Pada bagian akhir, siswa diminta menyimpulkan hasil pengamatannya.
Pembahasan1. Kata teknis (istilah)
Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik pariwisata yang menjadi fokus pembahasannya, istilah-istilah yang muncul dalam teks tersebut adalah wisatawan, komersialisme, domestik, dan rekreasi.
2. Konjungsi kausalitas
Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan argumentasi (kausalitas). Konjungsi kausalitas yang muncul dalam teks tersebut adalah
Oleh karena itu, arah kebijaksanaan pariwisata sedapat mungkin diusahakan agar memperkuat dampak positif dan memperkecil dampak negatif.Untuk itu, perlu dikembangkan analisis dampak lingkungan pada tahap perencanaan yang didasarkan pada studi kelayakan proyek-proyek pariwisata.Terdapat pula digunakan kata-kata yang menyatakan hubungan kronologis (keterangan waktu) ataupun kata-kata yang menyatakan perbandingan/pertentangan, yaitu
Sementara itu, wisatawan domestik lebih tertarik pada kebun binatang atau kebun raya, keindahan pantai, tempat keramat ataupun ibadah, dan peninggalan sejarah3. Kata kerja mental (saya contohkan pada paragraf 2)
Menggunakan kata-kata kerja mental (mental verba), seperti
Masuknya wisatawan akan mengubah kondisi lingkungan. Dalam hal ini kita perlu mengetahui perubahan tersebut tidak melewati ambang batas toleransi. Tindakan ini perlu agar perubahan itu tidak menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan dan pengembangan pariwisata itu sendiri.
4. Kata perujukan
Menggunakan kata-kata perujukan, seperti
Hasil penelitian yang pernah dilakukan Dirjen Pariwisata menunjukkan bahwa wisatawan asing lebih tertarik pada tradisi, lalu menyusul keindahan alam, warisan budaya, kerajinan tangan, dan terakhir keindahan alam di pantai
5. Kata persuasif
Menggunakan kata-kata persuasif, seperti
Untuk itu, perlu dikembangkan analisis dampak lingkungan pada tahap perencanaan yang didasarkan pada studi kelayakan proyek-proyek pariwisata.Dalam hal ini kita perlu mengetahui perubahan tersebut tidak melewati ambang batas toleransi.Tindakan ini perlu agar perubahan itu tidak menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan dan pengembangan pariwisata itu sendiri.Jika suatu kawasan wisata sudah cenderung melewati ambang batas, harus diusahakan proyek penanggulangannya.Simpulan:
Teks di atas termasuk di dalam teks eksposisi karena aspek kebahasaan khusus yang dimiliki oleh teks eksposisi, yaitu kata teknis (istilah) yang terkait dengan topik, konjungsi kausalitas, kata kerja mental. kata perujukan, dan kata persuasif.
Pelajari lebih lanjutKata kerja mental lainnya pada halaman 82 pada https://brainly.co.id/tugas/12648081
Struktur teks eksposisi halaman 82 pada https://brainly.co.id/tugas/24563950
Analisis kebahasaan teks eksposisi yang telah dibuat yang meliputi kata teknis atau istilah, kata sifat, afiksasi dan kalimat verba pada https://brainly.co.id/tugas/24495798
-------------------------------------------
Detil jawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Teks Eksposisi dalam Media Massa (bab 3)
Kode: 8.1.3
#AyoBelajar
17. Tugas Indonesia kelas 8 halaman 82-83 simpulan
Struktur teks eksposisi adalah tesis: Pariwisata berdampak pada kehidupan sosial dan budaya, rangkaian argumen: Kegiatan konsumsi pariwisata di bidang kesenian misalnya, mungkin dapat mengandalkan makna kesenian itu sendiri.
18. Jawaban Soal Bahasa Jawa Kelas 7 Halaman 81-82
Sasuwene di penjara sang putri isih gemati tiniliki. Salah sijine dina Putri kasebut nyuwun tulung marang biyunge mban supaya Suta bisa metu saka penjara. Pranyata kasil kekarone mlayu saka Kraton lan mapan ing desa kang aman lan ayem. Desa kasebut diarani desa Baturraden (Bangsawan lan Batur). Sakiki dikenal kanthi nama Baturaden kang mapan ing Banyumas Jawa Tengah.
PEMBAHASAN :➹ Aksara Jawa cacahe ana 20.
➹ Pasangan aksara Jawa cacahe ana 20.
➹ Sandhangan diperang dadi 3 :
- Sandhangan swara
- Sandhangan panyigeg wanda
- Sandhangan wyanjana
DETAIL JAWABANKODE : 7. 13. 7
KELAS : VII SMP
MAPEL : BAHASA JAWA
BAB : AKSARA JAWA
#SemangatBelajar
19. kunci jawaban bahasa Inggris kelas 7 halaman 82. tolong di jawab ka besok di kumpulkan
Jawaban:
3. I have a towel hanging in the bathroom
4. I don't have a hair dryer
5 I have a toothbrush and a toothpaste in the bathroom
Penjelasan:
3. Saya memiliki handuk yang tergantung di kamar mandi
4. Saya tidak punya pengering rambut
5 Saya memiliki sikat gigi dan pasta gigi di kamar mandi
20. jawaban soal bahasa Jawa halaman 82 kelas 7
Terjemahan latin dari aksara jawa tersebut yaiku Ing gone kakancan dipirsani dening adipati, mulane adipati duka banget marang suta amarga putrine keturunan saka kraton (raden) denesuta mung batur. Senajan dilarang dening adipati, kekarone nekad ambangun katresan, Prastawa iki dipirsani dening ki adipati, mulane suta banjur dipenjara lan dilarang maneh papacangngan karo putrine.
Pembahasan:
Aksara jawa merupakan huruf atau aksara yang digunakan untuk penulisan kalimat atau kata pada zaman dahulu. Aksara jawa disebut juga sebagai aksara Hanacaraka, Carakan, atau Dentawyanjana.
Aksara jawa dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:
Aksara jawa dan pasangannyaAksara jawa memiliki berjumlah 20, antara lain:
Ha, Na, Ca, Ra, Ka,
Da, Ta, Sa, Wa, La,
Pa, Dha, Ja, Ya, Nya,
Ma, Ga, Ba, Tha, Nga
Kemudian masing-masing huruf aksara tersebut memiliki pasangan, sehingga total jumlah aksara jawa dengan pasangannya adalah 40 buah.
Aksara murdaAksara murdha merupakan aksara yang digunakan untuk penulisan gelar, nama kota, lembaga, maupun penulisan yang memerlukan huruf kapital lainnya.
Aksara swaraAksara swara digunakan untuk penulisan huruf vokal.
Aksara wilanganAksara wilangan merupakan aksara yang digunakan untuk penulisan bilangan dalam bahasa jawa.
SandhanganSandhangan merupakan simbol yang digunakan untuk menuliskan huruf vokal.
Pelajari lebih lanjut
1. Materi tentang aksara jawa pada brainly.co.id/tugas/13263802
2. Materi tentang sandhangan pada brainly.co.id/tugas/2176344
3. Materi tentang aksara wilangan pada brainly.co.id/tugas/2567388
Detail jawaban
Kelas: SD-5
Mapel: Bahasa Jawa
Bab: Aksara Jawa
Kode: -
#TingkatkanPrestasimu #SPJ3
No comments