Tafsir Surat Al Alaq Ibnu Katsir


Tafsir Surat Al Alaq Ibnu Katsir

tafsir ibnu katsir surat al-juma'ah ayat 9

1. tafsir ibnu katsir surat al-juma'ah ayat 9


Jawaban:

Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Sesungguhnya hari Jumat dinamakan Jumu'ah karena berakar dari kata al-jam'u, mengingat kaum muslim melakukan perkumpulan untuk setiap tujuh harinya sebanyak sekali di dalam masjid-masjid yang besar. Dan pada hari Jumat semua makhluk telah sempurna diciptakan, dan sesungguhnya hari Jumat itu merupakan hari keenam dari tahun yang Allah menciptakan padanya langit dan bumi. Pada hari Jumat pula Allah menciptakan Adam, pada hari Jumat Adam dimasukkan ke dalam surga, pada hari Jumat Adam dikeluarkan dari surga, dan pada hari Jumat pula hari kiamat terjadi. Di dalam hari Jumat terdapat suatu saat yang tiada seorang hamba pun yang beriman dapat menjumpainya, sedangkan ia dalam keadaan memohon kebaikan kepada Allah di dalamnya, melainkan Allah akan mengabulkan apa yang dimintanya. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak hadis sahih yang menceritakannya


2. tafsir ibnu katsir tentang surat al maidah ayat 48


Dan Kami telab turunkan kepadamu al-Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putus-kanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allahlah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu, (QS.Al maidah:48)

3. tafsir surat annas menurut tafsir ibnu katsir​


Jawaban:

Berikut ini terjemahan lengkap Tafsir Ibnu Katsir QS An-Nas:1-6

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Rabb (yang memelihara dan menguasai) manusia. (1). Raja manusia (2). Tuhan manusia (3). Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi (4). Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia (5). Dari (golongan) jin dan manusia.” (6)


4. tafsiran surah al bayyinah menurut tafsir ibnu katsir


Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik, dia berkata: “Rasulullah saw. Bersabda kepada Ubay bin Ka’ab: “Sesungguhnya Allah menyuruhku untuk membacakan kepadamu, “lam yakunilladziina kafaruu min aHlil kitaabi”. Ubay bertanya: ‘Dia menyebut namaku kepdamu?’ Beliau menjawab: ‘Ya.’ Maka Ubay pun menangis.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi dan an-Nasa-i.

5. Jelaskan tafsir dari ayat qs al imran ayat190_191 menggunakan tafsir ibnu katsir


Jawaban:

يا إلهي ربي العظيم

Penjelasan:

semoga membantu...

6. tafsir ibnu katsir tentang Q.s Al-maidah ayat 159? ​


Penjelasan:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Qs. ali imraan 159

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya


7. Tafsir al quran surah alhujurat ayat 10 tafsir ibnu katsir


semoga bermanfaat ya...

8. tafsir ibnu katsir dan al marighi surat at taubah ayat 103 ?


menjelaskan tentang sadaqah jariyah

9. Tafsiran dari Ibnu Katsir dari ayat 184 Al Baqarah


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa. (QS. Al-Baqarah: 183) (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka jika di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblab baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada bari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 184)

10. Tafsir Ibnu Katsir tentang Q.S Al Anfal ayat 72


Berikut ini Q.S Al Anfal ayat 72

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَهَاجَرُواْ وَجَٰهَدُواْ بِأَمۡوَٰلِهِمۡ وَأَنفُسِهِمۡ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱلَّذِينَ ءَاوَواْ وَّنَصَرُوٓاْ أُوْلَٰٓئِكَ بَعۡضُهُمۡ أَوۡلِيَآءُ بَعۡضٖۚ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَلَمۡ يُهَاجِرُواْ مَا لَكُم مِّن وَلَٰيَتِهِم مِّن شَيۡءٍ حَتَّىٰ يُهَاجِرُواْۚ وَإِنِ ٱسۡتَنصَرُوكُمۡ فِي ٱلدِّينِ فَعَلَيۡكُمُ ٱلنَّصۡرُ إِلَّا عَلَىٰ قَوۡمِۢ بَيۡنَكُمۡ وَبَيۡنَهُم مِّيثَٰقٞۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ بَصِيرٞ ٧٢

Artinya:

72. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan

Tafsir Ibnu Katsirnya adalah:

Surah Al-Anfal membahas tentang harta rampasan perang.

Pada ayat 72 Rasulullah Saw. memper­saudarakan antara kaum Muhajirin dan kaum Ansar, setiap dua orang dari mereka dijadikan dua orang bersaudara.

Lalu orang-orang Ansar tidak pernah merasa iri kepada mereka karena keutamaan yang dianugerahkan Allah pada mereka dalam hijrahnya. Makna lahiriah ayat nenunjukkan prioritas kaum Muhajirin atas Ansar dan hal ini telah disepakati di kalangan para ulama.

Ayat ini juga membahas tentang golongan ketiga dari kalangan kaum mukmin. dimana mereka adalah orang-orang beriman, namun tidak berhijrah, melainkan tetap tinggal di kampungnya masing-masing. Mereka tidak berhak mendapatkan ganimah, tidak juga bagian dari khumus-nya, kecuali mereka terlibat dalam peperangan.

Menurut riwayat Ibnu Abbas r.a. jika orang-orang Arab muslim tidak ikut hijrah meminta pertolongan kepada kalian dalam perang membela agama terhadap musuh mereka, maka tolonglah mereka karena mereka saudara seagama kalian. Namun pada kaum kafir yang masih berada di dalam perjanjian perdamaian dengan kalian, janganlah ditolong, janganlah melanggar gencatan senjata itu.

Demikian semoga membantu.


11. isi kandungan surat al-anfal:72, surat al-hujurat:10dan12 menurut ahli tafsir ibnu katsir, al maraghi, sayid qutub


al hujarat berisi tentang orang yg beriman harus menyembah allah

12. 1.sebab turunnya surat al anfal ayat 722. tafsir menurut ibnu katsir


karena pada masa itu terjadi perang badar yang menyebabkan bagai mana membaginya harta harta rampasan perang itu maka diturunkan QS al anfal

KLO salah maafin ya :)

13. tolong carikan tafsiran surat al-balad ayat 1-10 oleh ibnu katsir


Tafsir Surat : AL-BALAD1 Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Mekah),(QS. 90:1)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Balad 1 - 4
لَا أُقْسِمُ بِهَذَا الْبَلَدِ (1) وَأَنْتَ حِلٌّ بِهَذَا الْبَلَدِ (2) وَوَالِدٍ وَمَا وَلَدَ (3) لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي كَبَدٍ (4)
Dalam ayat-ayat ini Allah bersumpah dengan kota Mekah yang di dalamnya terdapat Kakbah yang menjadi kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia dan tempat seorang besar yang diakui oleh lawan dan kawan atas kebesarannya, yaitu Nabi Muhammad SAW. dilahirkan dan bertempat tinggal.
Beliau adalah utusan Allah yang membawa agama Islam untuk disampaikan ke seluruh manusia. Kemudian Allah bersumpah demi bapak dan anaknya, manusia dan bukan manusia, bahwa sesungguhnya Dia telah menciptakan manusia yang selalu berada dalam susah payah, berjuang semenjak permulaan hidupnya sampai akhir hayatnya dan di akhirat nanti masih harus memikul beban yang berat dan menghadapi kesulitan yang tidak dapat diatasinya kecuali dengan pertolongan Allah SWT.Tafsir / Indonesia / Jalalain / Surah Al Balad 1
لَا أُقْسِمُ بِهَذَا الْبَلَدِ (1)
(Sungguh) huruf Laa di sini adalah huruf Zaidah mengandung makna Taukid (Aku bersumpah dengan kota ini) yakni kota Mekah.


2 dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekah ini,(QS. 90:2)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...


3 dan demi bapak dan anaknya.(QS. 90:3)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...


4 Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.(QS. 90:4)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...


5 Apakah manusia itu menyangka bahwa bahwa sekali-kali tiada seorangpun yang berkuasa atasnya?(QS. 90:5)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Balad 5
أَيَحْسَبُ أَنْ لَنْ يَقْدِرَ عَلَيْهِ أَحَدٌ (5)
Dalam ayat ini, Allah memperingatkan manusia apakah mereka yang menyombongkan dirinya karena kekuasaan yang luar biasa mengira bahwa tidak ada seorangpun yang dapat berkuasa atas dirinya.

Tafsir / Indonesia / Jalalain / Surah Al Balad 5
أَيَحْسَبُ أَنْ لَنْ يَقْدِرَ عَلَيْهِ أَحَدٌ (5)
(Apakah manusia itu menyangka) atau apakah manusia menduga, bahwa dia itu adalah kuat. Yang dimaksud adalah Asyad dari kalangan kaum Quraisy ia terkenal kekuatannya (bahwa) huruf An di sini adalah bentuk Takhfif dari Anna, sedangkan Isimnya tidak disebutkan, lengkapnya Annahuu (sekali-kali tiada seorang pun yang berkuasa atas dirinya?) Allahlah yang berkuasa atas dirinya.


6 Dia mengatakan: `Aku telah menghabiskan harta yang banyak`.(QS. 90:6)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Balad 6
يَقُولُ أَهْلَكْتُ مَالًا لُبَدًا (6)
Diterangkan bahwa ada pula orang kaya yang mengatakan bahwa ia telah menghabiskan harta yang banyak untuk berbuat kebaikan.


7 Apakah dia menyangka bahwa tiada seorangpun yang melihatnya?(QS. 90:7)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Balad 7
أَيَحْسَبُ أَنْ لَمْ يَرَهُ أَحَدٌ (7)
Dalam ayat ini Allah memperingatkan manusia apakah mereka mengira Allah tidak tahu atas perbuatan mereka. Dan dengan tegas dijelaskan bahwa Ia mengetahui apa-apa yang tersimpan di dalam hati mereka; bahkan tidak ada sesuatupun yang berada di bumi dan di langit yang tidak diketahui Nya.


8 Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata(QS. 90:8)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Balad 8 - 9
أَلَمْ نَجْعَلْ لَهُ عَيْنَيْنِ (8) وَلِسَانًا وَشَفَتَيْنِ (9)
Dalam ayat-ayat ini Allah memperingatkan bukankah Ia telah memberikan kepada mereka dua buah mata, lidah dan dua bibir.

Tafsir / Indonesia / Jalalain / Surah Al Balad 8
أَلَمْ نَجْعَلْ لَهُ عَيْنَيْنِ (8)
(Bukankah Kami telah menjadikan) Istifham atau kata tanya di sini mengandung arti Taqrir (baginya dua buah mata,)


9 lidah dan dua bibir.(QS. 90:9)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Maaf, Belum tersedia ...atau lihat pada ayat sebelumnya...


10 Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan.(QS. 90:10)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Balad 10
وَهَدَيْنَاهُ النَّجْدَيْنِ (10)
Dalam ayat ini Allah menerangkan bahwa Ia telah menunjukkan manusia kepada dua jalan, ialah jalan kebaikan dan jalan kejahatan. Dan kepadanya pula telah diberikan-Nya akal untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk; sehingga ia dapat memilih yang baik untuk dikerjakannya, dan yang buruk untuk ditinggalkan.

14. tafsir ayat Alquran tentang miras menurut tafsir al Misbah, Ibnu Katsir dan tafsir jalalain....​


Jawaban:

Surah al-Ma'idah/5: 90 dengan tegas mengharamkan khamar, berjudi, berkorban untuk berhala dan mengundi nasib dan menyatakan bahwa semuanya adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan yang harus dijauhi selamanya oleh orang-orang beriman

Penjelasan:

semoga membantu jadikan jawaban terbaik ya


15. Tafsir al quran surah alhujurat ayat 10 tafsir ibnu katsir


 إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (10) }
Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.

16. apa perbandingan tafsir al-misbah, al-maraghi, tafsir ibnu katsir tentang Q.S Al- Isra/17:32​


Jawaban:

salam toleransi

Penjelasan:

saya tidak pande bahasa Arab sorry ya


17. tafsir Ibnu Katsir tentang Q.S Al Anfal/8:72​


Jawaban:

Tafsir Ibnu Katsirnya adalah: Surah Al-Anfal membahas tentang harta rampasan perang. Pada ayat 72 Rasulullah Saw. ... jika orang-orang Arab muslim tidak ikut hijrah meminta pertolongan kepada kalian dalam perang membela agama terhadap musuh mereka, maka tolonglah mereka karena mereka saudara seagama kalian.


18. tafsir surat Al-Anfal ayat 72 menurut Ibnu katsir, al-maraghi dan kesimpulan


“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah, serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertolongan (kepada orang-orang Muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Mahamelihat yang kamu kerjakan.” (QS. al-Anfaal: 72)


19. Referensi kitab tafsir ibnu katsir surat yunus


Penjelasan:

tersebut yaitu surat Fushilat ayat 44; Isra ayat 82 dan yunus 57. 41. Di samping itu, dalam tafsir ibnu katsir terdapat beberapa corak tafsir


20. tafsir Ibnu Katsir​


tafsir katsir ibnu artinya menulis tafsir QUR'AN yg terkenal bernama tafsir ibnu katsir


Video Terkait


Tafsir Surat Al Alaq Ibnu Katsir Tafsir Surat Al Alaq Ibnu Katsir Reviewed by Derby on October 26, 2022 Rating: 5

No comments