Ceramah Singkat Tentang Zina Beserta Dalilnya


Ceramah Singkat Tentang Zina Beserta Dalilnya

Ceramah singkat tentang aurat beserta dalilnya

1. Ceramah singkat tentang aurat beserta dalilnya


Mengapa Wanita harus menutup aurat.?Jilbab atau hijab merupakan satu hal yang telah diperintahkan oleh Sang Pembuat syariat.
Sebagai syariat yang memiliki konsekwensi jauh ke depan, menyangkut kebahagiaan dan kemashlahatan hidup di dunia dan akhirat.Tak perduli apakah ia muslimah Arab, Indonesia, Eropa ataupun Cina. Karena perintah mengenakan hijab ini berlaku umum bagi segenap muslimah yang ada di setiap penjuru bumi.melaksanakan segenap perintah Allah dan RasulNya.Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.
"Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar". [ Al Ahzab:71 ]
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

ذَاقَ طَعْمَ الإِيماَنِ مَنْ رَضِيَ بالله رَباًّ وَبالإسْلامِ دِيْناً وَبِمُحَمَّدٍ رَسُوْلًا.
"Sungguh akan merasakan manisnya iman, seseorang yang telah rela Allah sebagaiRabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah". [HR Muslim].

2. buatlah ceramah singkat tentang zina?​


Jawaban:

Salam sejahtera bagi kita semua. Kiranya berkat dan rahmat Tuhan senantiasa berserta kita. Saya berterima kasih karena telah diberi kepercayaan untuk menyampaikan ceramah pada kesempatan ini.

Sering kali kita menyalahkan anak muda yang terlibat dalam pergaulan bebas. Padahal maraknya pergaulan bebas tidak serta merta karena kesalahan si anak. Selama masih di bawah umur, maka mereka ada dalam tanggung jawab orang yang lebih tua.

Anak-anak yang terjerumus dalam pergaulan bebas rata-rata memiliki masalah dengan keluarganya. Rumah tangga tidak harmonis, perceraian orang tua, kekerasan dalam rumah tangga, atau kurangnya kasih sayang dari orang tua. Akhirnya, apa yang tidak mereka temukan dalam keluarga, mereka cari di luar.

Oleh sebab itu, cara paling efektif mencegah pergaulan bebas pada anak adalah dari keluarga. Mari sayangi dan kasihi anak-anak kita. Lindungi mereka dengan cara membangun rumah tangga yang sehat dan harmonis. Jangan biarkan anak-anak terjebak dalam pergaulan yang berpotensi merusak masa depan mereka.

Jawaban:

zina merupakan dosa yang sangat besar . Zina merupakan sebuah hubungan persetubuhan antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat penikahan atau perkawinan secara sah. Ada macam-macam zina dan contohnya yang sangat merugikan. contohnya zina mata, itu adalah contoh yg kita kurang sadari. zina merupakan dosa yang besar dan akan di ampuni oleh Allah jika ia bertaubat /taubatan nasuha, atau tidak akan mengulangi nya lagi. jadi sebaiknya kita itu harus berhati hati karena jika kita para laki laki melihat mata perempuan yg bukan muhrimnya, itu juga merupakan dosa yang tidak di sadari dan contoh lainnya ialah zina bersentuhan dengan perempuan atau berpegangan tangan dengan perempuan yang bukan muhrimnya, itu juga merupa kan zina yang tidak disadari.

Penjelasan:

Semoga membantu


3. Buat ceramah singkat bulan ramadhan beserta dalilnya pake bahasa arab


Ilmu Pengetahuan Alam

sebagaimana kita ketahui setiap manusia membutuhkan ilmu pengatahuan, baik dalam mengerjakan yg ringan maupun yang berat.
ya jauh maupun yang dekat .
dan sesungguhnya ilmu itu tidak akan pernah habis atau pun membusuk

jadi teman2 sekalian tuntutlah ilmu itu sebanyak2 nya karena ilmu bisa membantu seseorang, maupun diri sendiri
sabda Rasulullah Saw " utlubul 'ilma minal mahdi ilallahdi"
yang artinya tuntutlah ilmu itu sampai ke liang lahat

orang arab mengatakan "manjadda wajada" siapa yang bersungguh2 ia akan mendapat
sekian dari saya wassalamu'alaikum wr.wb
Puji Syukur Kita Panjatkan Kehadirat Allah SWT Yg Telah Memberikan Kita Beribu – Ribu Nikmat Terutama Nikmat Iman , Islam , & Sehat Wal’afiat Sehingga Kita Dapat Berkumpul Di Tempat Yg Insya allah Di Muliakan OlehAllah
Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, yang diutus oleh Allah SWT ke muka bumi ini sebagai rahmatan lil alamiin, yang telah menggempur kesesatan dan mengibarkan panji-panji kebenaran, serta memperjuangkan islam hingga sampai kepada kita

Saya Disini Ingin Memberikan Sedikit Ilmu Saya Tentang Berbakti Kepada Orang Tua Berbakti Kepada Orang Tua Itu Wajib Karena Orang Tua Telah Mengasuh & Mendidik Kita Sampai Sekarang Ini Seperti Yg Sudah Di Jelaskan Di Dalam Surat Al Isra Ayat 23 Yg Artinya “Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik – baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua – duanya sampai berumur lanjut dalam pemliharaanmu, maka sekali – kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”
Begitulah Alquran menggambarkan tentang bagaimana manusia harus berbuat baik kepada kedua orang tua. Karena memang sudah sepantasnya dan seharusnya bagi seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya, yang demikian itu karena betapa besar jasa keduanya kepada sang anak.Alqur’an juga menyinggung bagaimana pengorbanan orang tua terhadap anaknya ketika sang anak masih dalam kandungan. Betapa susah dan payahnya sang ibu dalam menjaga kandungannya agar sang anak terlahir dengan sehat dan sempurna. Bagaimana sakitnya derita yang di tanggung sang ibu ketika menanti detik – detik kelahiran, dia berjuang sekuat tenaga antara hidup dan mati demi si mungil pujaan hati. Dan seberapa banyak keringat yang di keluarkan sang ayah dalam mencari nafkah untuk membahagiakan sang anak yang nantinya akan menjadi pelita ke hidupan mareka, kata – kata lelah tidak pernah terucap dari bibir sang ayah tatkala melihat senyum bahagia dari bibir mungil Si Penyejuk Mata.
Maka dengan tegas Allah memerintahkan dalam al qur’an Surah Al luqman ayat 14 Firmannya.“Dan kami perintahkan kepada manusia ( berbuat baik ) kepada dua orang ibu bapanya ; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah – tambah dan menyapihnya dalam dua tahun ., bersyukurlah kepada –Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada –Kulah kembalimu”
Al qur’an adalah kitab pegangan umat Islam yang sangat sempurna, semua hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan ini telah tercantum dalam kitab yang mulia itu, dan tak terkecuali tentang hakul awlad ‘alal walid dan hakul walid ‘alal awlad (hak anak terhadap orang tua dan hak orang tua terhadap anak).

Demikianlah Kultum Dari SayaSemoga Bermanfaat Bagi Kita SemuaJika Ada Kesalahan Kata Saya Minta Maaf

Wassalamualaikum Wr.Wb

cc:google

4. contoh ceramah singkat beserta penceramah sama judul ceramah


Nama penceramah: Ahmad. Judul Ceramah: Pentingnya sikap saling tolong menolong. Contoh teks ceramah:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا, اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

Hadirin seluruh Jamaah shalat isya dan shalat tarawih sekalian. Mari sama-sama kita panjatkan syukur kepada Allah SWT dan mari kita bershalawat kepada Nabi Muhammad. Pada malam hari yang mulia ini, saya ingin mengajak kepada hadirin semuanya, marilah kita senantiasa meningkatkan amalan kebaikan selama hidup di dunia ini khususnya di bulan ramadhan yang mulia ini. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan amalan kebaikan adalah dengan cara membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan dalam konteks kebaikan.

Jamaah shalat isya dan shalat tarawih yang dirahmati Allah SWT

Dalam Surah Al Maidah yaitu di dalam ayat ke 2 Allah telah berfirman ........وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖ...... Pada potongan lafadz ayat firman Allah tersebut telah menjelaskan bahwa kita harus senantiasa tolong menolong dalam hal kebaikan dan tolong menolong dalam hal mengarahkan kita menuju ketaqwaan. Selain itu. kita juga dianjurkan untuk tidak tolong menolong dalam hal keburukan atau tidak tolong menolong dalam hal kemungkaran.

Jamaah shalat isya dan shalat tarawih yang dirahmati Allah SWT

Sikap tolong menolong dalam hal kebaikan akan memberikan dampak positif langsung selama hidup di dunia. Selain itu juga akan memberikan dampak positif kelak pada saat  hidup di akhirat. Seseorang yang gemar menolong dalam hal kebaikan atau dalam hal menuju ketaqwaan akan membuat orang tersebut lebih mudah untuk masuk surga kelak di alam akhirat.

Saya kira sampai disini saja ceramah singkat malam ini dan saya mohon maaf jika ada kesalahan. Semoga ceramah ini menjadi pedorong bagi kita semua untuk selalu saling tolong menolong dalam hal kebaikan. وَ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Pembahasan

Pidato, ceramah dan khutbah merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menyebarkan ajaran agama islam. Di mana pada saat pidato, ceramah dan khutbah terjadinya penyalurkan ilmu agama dan ajakan untuk selalu beriman kepada Allah.

Pelajari lebih lanjut Materi tentang pidato tentang ramadhan https://brainly.co.id/tugas/16097153Materi tentang pidato tentang ilmu https://brainly.co.id/tugas/32664649Materi tentang contoh pidato khutbah jum'at brainly.co.id/tugas/15628059

====================

Detail Jawaban

Kelas: VII

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Pidato

Kode katagori: 7.1.10

#AyoBelajar


5. tuliskan ceramah singkat tentang hari kiamat yg ada dalilnya plissss​


apabila bumi di guncangkan dengan dahsyat dan bumi telah mengeluarkan beban berat pada hari itu bumi menyampaikan berita nya dan terjadilah kiamat (al-zalzalah ayat 1-4)


6. carikan ceramah akidah beserta dalil dan hadistnya​


Jawaban:

itu jawabannya kakak maaf kalo salh


7. tuliskan ceramah singkat dong beserta nama penceramah nya dan judul ceramah​


Jawaban:

Ikhlas

ustadzmaaher

Asalamualaikum w.w. Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt., karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai ikhlas. Rasulullah SAW mengingatkan, ”Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari rida Allah semata.” Walaupun keringat dingin bertetesan, segenap tenaga habis, pikiran terkuras, kalau tidak ikhlas, sebesar apa pun amal kita semuanya pasti sia-sia di mata Allah Swt. Maka, sangat rugi orang yang sedekah habis-habisan hanya ingin disebut dermawan. Mulai dari sekarang marilah kita membangun rasa ikhlas ketika beramal ibadah dan amal saleh dan juga ketika melakukan hal-hal lainnya. Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil makna dari ceramah ini dan mengimplementasikannya di dunia nyata. Wasalamualaikum w.w.

Penjelasan:

semoga membantu

tolong jadikan jawaban tercerdas


8. 1).Ceramah singkat tentang laranganme dekati zina.​


Berikut ini merupakan contoh ceramah singkat tentang larangan berzina:

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

innal hamda lillaah nahmaduhu wa nasta'iinuhu wa na'uudzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a'maalinaa man yahdihillaahu falaa mudhilla lah, wa man yudhlilhu falaa haadiya lah. Asyhadu allaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuu wa rosuuluh.

Hadirin Ma'asyiral Muslimin

Alhamdulillah, atas nikmat dan karunia Allah Subhanahu Wa Ta'ala, kita dapat berkumpul dalam acara yang sederhana ini dalam rangka saling mengingatkan, nasihat menasihati dalam rangka untuk berlomba lomba dalam melaksanakan kebaikan. Shalawat berserta salam tidak lupa kita panjatkan kepada junjungan kita nabi besar nabi Muhammad Shalallahu Alalihi Wassalam.

Para hadirin yang Allah cintai

Saat ini kita berada di zaman yang begitu banyak sekali fitnah bertebaran. Jika zaman dahulu kita ingin selamat, maka kita bisa dengan mengurung diri di dalam kamar dan menjauhkan diri dari dunia luar. Namun saat ini dari dalam kamar yang tidak ada siapapun justru kita dapat dengan mudah melakukan berbagai kemaksiatan. Dengan ponsel pintar yang kita miliki, dengan mudah kita dapat menemukan apapun yang kita mau.

Hadirin Ma'asyiral Muslimin

Dimulai dari ponsel pintar tersebutlah gerbang-gerbang menuju kemaksiatan dapat dimasuki oleh siapapun termasuk generasi muda kita. Salah satu gerbang tersebut adalah gerbang menuju perbuatan zina. Begitu banyak aplikasi yang memungkinkan setiap laki-laki dapat menikmati aurat dari wanita. Bahkan jika kita lihat bersama di berita-berita banyak praktek prostitusi dilakukan melalui pemesanan di aplikasi yang ada di ponsel pintar.

Padahal Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah mengingatkan kita untuk sekali-kali tdak mendekati zina, apalagi melakukan perzinaan. Sebagaimana FirmanNya di dalam surat Al Isra ayat 23 yang berbunyi:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا - ٣٢

Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Para hadirin yang Allah Rahmati

Di akhir kesempatan ini, saya mengajak diri saya sendiri pada khususnya dan semua hadirin pada umumnya, untuk selalu mengingatkan dan mengajak anak-anak kita, saudara kita, sahabat kita untuk tidak mendekati zina sedikitpun. Semoga Allah Selalu memberikan taufik kepada kita semuanya. Demikian apa yang dapat kami sampaikan, akhirul kalam wabil taufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Pelajari lebih lanjut

1.  Materi tentang ceramah tentang Ibu https://brainly.co.id/tugas/18258829

2. Materi tentang unsur ceramah brainly.co.id/tugas/6829076

3. Materi tentang ceramah sholat brainly.co.id/tugas/39707918

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: B. Indonesia

Bab: Teks Ceramah

Kode: 11.1.5

Kata kunci: Ceramah, Larangan mendekati zina

#JadiRankingSatu


9. buatlah 10 ceramah singkat beserta nama penceramahnya & inti ceramahnya​


Jawaban:

jagalah shalat bayar lah zakat :ust Khalid Basalamah

kalau kita bersungguh-sungguh sungguh dalam hal akhirat kita akan termasuk orang orang yang beruntung :ust firanda andirja

setiap hari tidak shalat subuh ga Dzuhur ga ashar ga Maghrib ga isya ga mau kaya gimana ini:ust syafik Reza Basalamah

ingin pulang ingin pulang kepada Allah SWT:ust maududi Abdullah

berusaha lah, jatuh bangun lagi jatuh bangun lagi jatuh bangun lagi sampaii berhasil:ust Muhammad Nuzul dzikri

ilmu itu ikat dengan tulisan:ust Yazid jawas

kalau kita bertaubat saat nyawa kita sudah di kerongkongan kita sudah tidak bisa:ust Khalid syar'i

Penjelasan:

maaf kalau salah follow aku terima kasih dan maaf hanya sejitu


10. contoh ceramah tentang kejujuran beserta dalilnya


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua. Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah

Rasulullah Saw. Bersabda,’’ Hendaklah kamu selalu jujur. Sesungguhnya kebenaran membawa kepada kebajikan. Dan kebajikan membawa ke surga. Tidak henti-hentinya seseorang yang jujur dan selalu memilih kejujuran sehingga dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang yang jujur. Hati-hati lah terhadap dusta. Sesungguhnya dusat membawa kepada kejahatan. Dan kejahatan membawa kepada neraka. Tidak henti-hentinya seseorang berdusta sehingga dia tercatat di sisi Allah sebagai pendusta. ‘’ (HR. Al-Bukhari)



Barang kali hadits ini berkaitan dengan dua hal yakni kejujuran dan kebohongan. Kejujuran pada akhirnya akan membawa manusia ke surga sebaliknya kebohongan akan membawa manusia ke neraka. Kejujuran dapat dikatakan sebagai kebenaran dalam menyampaikan suatu hal sesuai dengan keadaan sebenarnya. Sedangkan kidzb atau dusta dan sama dengan berkata bohong merupakan penyampaian sesuatu yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sebagaimana diketahui oleh penyampainya.

Dusta merupakan kebalikan dari sikap jujur dan keberadaannya dinilai sebagai ahlak yang rendah dan buruk. Rasulullah Saw. Bersabda,’’empat hal yang jika semuanya ada pada seseorang maka dia adalah munafik semurni-murninya. Jika salah satunya ada pada dirinya maka padanya terdapat satu sifat kemunafikan hingga dia telah membuangnya. Yaitu jika dia berbicara dia berdusta, jika dipercaya dia berkhianat, jika berjanji dia menipu, dan jika berbantah dia berlaku curang.’’ (HR. Al-Bukhari).

Rasulullah Saw. Pernah ditanya,’’ apakah seorang yang beriman bisa jadi pengecut (penakut)?’’ Beliau menjawab ,’’Ya.’’ Beliau ditanya lagi,’’apakah dia bisa menjadi kikir?’’ Beliau menjawab, Ya’’. Ketika di tanya apakah dia bisa menjadi pendusta?’’ Beliau menjawab ,’’Tidak.’’ (HR. Malik dari Shafwan Ibn Sulaim).
Barang kali ada beberapa orang yang berjiwa lemah dan mereka memiliki sifat pengecut dan sangat penakut. Ada pula mereka yang begitu kikir hingga sangat pelit. Meskipun buruk, dua macam sifat tersebut adakalanya berupa watak atau pembawaan tabiat. Berbeda halnya dengan dusta, ia merupakan sifat yang dibuat. Dikatakan bahwa ada kebohongan yang dikategorikan sebagai dosa kecil dan ada pula kebohongan yang dikategorikan sebagai dosa besar. Diantara kebohongan yang termasuk dosa besar adalah memberikan kesaksian palsu dan bersumpah palsu.



Hadirin Rahimakumullah

Bukankah kejujuran adalah nilai mutlak dari keberimanan seorang mukmin? Ketika Rasulullah ditanya apakah seorang yang beriman bisa menjadi pendusta?’’ Beliau menjawab dengan jelas,’’ Tidak. Hal ini sedikitnya membuat kita berpikir seberapa jauh keimanan kita saat ini yang mungkin dalam kesehariannya tidak luput dari perbuatan dusta ?

Lihat lah saat ini, betapa kejujuran adalah suatu hal yang mahal yang tidak mudah kita temukan di tempat manapun. Bahkan bagi mereka yang berpendidikan tinggi, yang tampaknya sangat mampu membedakan baik dan buruk – benar dan salah, malah sering kali terperangkap dalam mata rantai dusta yang tidak ada ujungnya. Korupsi, kolusi dan nepotisme yang terjadi di negeri ini bukankah sebuah simbol betapa kejujuran menjadi barang langka yang tidak mudah untuk didapatkan?

Hadirin Rahimakumullah

Bukan hal yang mudah untuk menjadi seseorang yang jujur terutamanya di dunia yang tampaknya begitu abu-abu ini. Segala sesuatu menjadi begitu buram sehingga kebaikan dan keburukan-kebenaran dan kesalahan bercampur baur. Maka sudah saatnya mendekatkan diri kepada pemilik kebenaran sejati Yakni Allah Swt. Dengan segala rahmat dan bimbingan-Nya, Insya Allah kita akan mampu menghalau segala bentuk perilaku yang tidak diridhoi-Nya, salah satunya adalah dusta.

Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf jika ada ucapan atau sikap yang kurang berkenan selama penceramahan ini berlangsung.

Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaiku Warahmatullahi Wabarakatuh

11. Buat kan tiga ceramah singkat beserta nama penceramahnya !!!​


Jawaban:

Al-Ustadz KH Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbicara tentang imsak, tentang menahan diri, yang merupakan salah satu sisi dari Puasa di Bulan Ramadhan.

Kalau manusia ini, mengaktifkan imsak -nya dalam kehidupan, tidak akan ada perkelahian, tidak ada orang yang sombong atau kecil hati.

Orang menjadi takut, menjadi minder, karena manusia banyak yang tidak mau melakukan “imsak”.

Mari kita telaah ayat al-quran yang berbicara tentang hubungan manusia:

“ وإذ قال ربك للملائكة إني جاعل في الأرض خليفة قالوا أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك قال إني أعلم ما لا تعلمون ” (30)

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku ingin menjadikan khalifah di bumi.” Mereka menyatakan, “Apakah Engkau akan membuat orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih siap-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku tahu apa yang tidak kamu ketahui.” ِِ QS Al-Baqarah: 30

Jadi, Allah sudah tahu bahwasannya nanti dunia ini perlu ada khalifah . Ya khalifah itu adalah manusia.Yang menjadi pemimpin yang memakmurkan kehidupan ini.

Malaikat pernyataan, “Kurang apa pengabdian kami, kurang apa puja-puji kami, Ya Allah… Nusabbihu bihamdika wa nuqaddisu lak , mengapa harus ada khalifah lagi?”

Allah mempertegas, innii a'lamau maa laa ta'lamuun . Sesungguhnya aku melihat apa yang tidak kalian ketahui.

Perbedaan antara manusia dan ciptaan lainnya

Ada perbedaan antara manusia dengan hewan, dengan tumbuhan-tumbuhan, dengan alam semesta; langit, bumi, laut, sungai, danau. Ada perbedaan. Kamu tidak tahu, wahai malaikat.

Di mana perbedaannya? Wa allamal aadama asmaa'a kullaha . Ini makhluk yang bisa diajar. Sedangkan malaikat tidak diajar. Malaikat itu ya'maluuna ma yu'maruun , menjalankan apa yang diperintahkan.Namun manusia berbeda.

Orang-orang yang sombong, pinter, kaya, sering kali takabbur dengan kelebihannya. Padahal mereka memiliki kekurangan.

Orang yang memiliki harta, tahta, berita, senjata, kereta, dan ta ta lainnya, sombong. Seakan itu yang membuat mereka jaya. Tidak. Tidak.Manusia itu dibuat lemah. Dan malaikat tahu itu.

Waktu melihat kebenaran manusia, malaikat tahu bahwa ini adalah mahluk yang tidak benar dengan ujian; khalqun la yatamaalak .

Namun akhirnya malaikat menyerah, menyadari bahwa ia tidak sadar apa yang Allah pada akhirnya.Lalu malaikat menonton menonton betapa keunggulan manusia, bisa diuji dan lulus dalam ujian.

Malaikat melayani untuk sujud

Lalu malaikat melayani untuk sujud. Wa idz qulnaa lil malaaikatisjuduu liaadama fasajaduu , Malaikat taat, nurut, tahu diri. Malaikat tahu diri bahwa derajatnya lebih rendah dari manusia.

Celakanya, banyak manusia yang tidak tahu diri, akhirnya ia tidak mau merendah diri. Disuruh sujud, tidak mau. Disuruh nurut, tidak mau. Itu penyakit iblis. Fasajaduu illa ibliis .Apa yang iblis tidak mau sujud? Abaa wastakbara.

Seolah iblis mengatakan “Apa? Maaf deh. Saya kok disuruh sujud. ” Iblis pernyataan Khalaqtanii min naariin, wa khalaqtahu min tiin . “Saya kan diciptakan dari api, sedangkan manusia dari tanah”Maka, takabbur dan abaa ini termasuk sifat-sifat orang Kafir.

Ketakabburan orang kafir itu apa? Dia tidak mengakui ketuhanan Allah SWT. Dia dibuat hidup, dikasih nyawa, tapi tidak bersedia mengakui.Maka, kalau ada orang ber-takabbur, maka dia orang yang terkena penyakit iblis.


12. ceramah singkat beserta namapenceramahnya ​


Jawaban:

Penceramah : Ustadz Adi Hidayat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaahi asyhadu allaa ilaaha illallohi wa asyhadu anna sayyidinaa muhammadan rasuulullohi allohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa ashaabihi ajma’iin. Ammaa ba’du.

Rasulullah SAW menjadikan Ramadan sebagai momen mengeruk sebanyak-banyaknya keuntungan pahala. Caranya dengan meningkatkan kualitas maupun kuantitas ibadah. Pada 10 malam terakhir, Rasulullah SAW bahkan lebih produktif untuk menambah ladang-ladang pahala.

"Anda bayangkan Rasulullah yang sangat mulia, sangat dicintai dan disayang oleh Allah, akhlaknya dipuji dalam Al-qur'an bahkan sebelum beliau wafatnya, surat tentang jaminan surga beliau telah turun, di surat Al-Kautsar. Dengan berupa jaminan surganya di level yang paling bagus, kenikmatan surganya yang paling banyak. Dengan level kenabian yang sangat mulia dengan segala keagungannya disebutkan tuntas dalam Al-qur'an itu, masih serius menghadapi 10 hari terakhir Ramadan. Bahkan beliau begitu bersemangat dan menghidupkan malam-malamnya," kata Ustaz Adi.

Di dalam Al-qur'an dan hadis dijelaskan bahwa Ramadan adalah bulan paling istimewa, dari awal sampai akhir Ramadan. Akan tetapi, pada 10 hari terakhir, Allah SWT telah menjanjikan keutamaaan lebih yaitu sebagai penanda atau indikator kekuatan dari sudut keimanan seorang hamba sekaligus penanda kesungguhan seseorang dalam beramal.

"Jadi rumusnya cukup disiapkan dengan persiapan maksimal untuk dibuktikan kepada Allah, karena itu yang dicontohkan Nabi SAW. Beliau sendiri ingin membuktikan imannya sendiri lebih kuat dari sebelumnya, beliau ingin membuktikan bahwa puasa-puasa kemarin beliau sungguh-sungguh," kata Ustaz Adi

Sekian,

Wassalamualaikum Wr. Wb

Pembahasan

Teks ceramah adalah teks yang lebih menjorok ke bagian teks pidato persusasif-naratif yang menjelaskan pengetahuan sekaligus seruan tentang perintah agama. Teks ceramah tersusun dari 3 unsur peting yaitu :

Pembukaan Ceramah, isinya meliputi salam pembuka, sholawat Nabi, Kalimat Syahadat, dan potongan ayat Al-Qur'an

Isi Ceramah, isinya berupa pokok dari pengetahuan dan seruan terkait ajaran agama yang akan dibahas. Misalnya kalau berhubungan dengan puasa, maka ya isi ceramahnya tentang hakikat puasa, tata cara berpuasa, larangan puasa, keutamaan puasa, atau hikmah dari puasa itu sendiri

Penutup, isinya berupa salam penutuo dan jikalau ada bisa ditambahkan doa penutup majelis dan doa meminta ampunan

Penjelasan:

maaf klo salah


13. tuliskan ceramah singkat dong beserta nama penceramah nya dan judul ceramah​​


penceramah: UST.HANAN HATTAKI

Assalamu'alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh. Alhamdulillah segala puji bagi Allah. ... Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadiran Allah SWT yang mana telah mempertemukan kita dalam acara … dengan keadaan sehat wal afiat.

NIKMAT TERBESAR YANG ALLAH BERIKAN ADALAH NIKMAT KEDEKATAN KITA DENGAN ALLAH JADI KALO KITA DAPET DUNIA DAN SEISINYA TAPI DICABUT DENGAN KEDEKATAN KEPADA ALLAH JANGAN KEGEERAN SIAPA TAU ITU BUKAN NIKMAT TAPI ISTIDRAJ KALO KITA MERASA LEBIH NIKMAT DARI ORANG YANG AHLI IBADAH JANGAN KEGEERAN MUNGKIN KAMU SEDANG DIBERIKAN NIKMAT BIASA NAMUN DIA LUAR BIASA KOK DIA MISKIN TERUS?MUNGKIN KARENA IA MISKIN SERING BERDOA

Jawaban:

Penceramah : Kak Okky

Kalau kamu bilang tobatnya besok , ya terserah . Tapi kalau kamu meninggalnya hari ini gimana ? Makanya tiap hati jangan lupa tobat , agar apa ? agar jikalau kia meninggalnya hri ini , atau besok , dan seterusnya , kita udah tobat

maaf kalau salah, dan jadikan saya sebagai jawaban yang terbaik , soalnya butuh banget :p

nanti ku follow yang udah jadikan yang terbaik


14. kumpulan ceramah singkat beserta nama penceramah nya​


Jawaban:

Keutamaan 10 hari terakhir Bulan Ramadhan

Penceramah : Ustadz Adi Hidayat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaahi asyhadu allaa ilaaha illallohi wa asyhadu anna sayyidinaa muhammadan rasuulullohi allohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa ashaabihi ajma’iin. Ammaa ba’du.

Rasulullah SAW menjadikan Ramadan sebagai momen mengeruk sebanyak-banyaknya keuntungan pahala. Caranya dengan meningkatkan kualitas maupun kuantitas ibadah. Pada 10 malam terakhir, Rasulullah SAW bahkan lebih produktif untuk menambah ladang-ladang pahala.

"Anda bayangkan Rasulullah yang sangat mulia, sangat dicintai dan disayang oleh Allah, akhlaknya dipuji dalam Al-qur'an bahkan sebelum beliau wafatnya, surat tentang jaminan surga beliau telah turun, di surat Al-Kautsar. Dengan berupa jaminan surganya di level yang paling bagus, kenikmatan surganya yang paling banyak. Dengan level kenabian yang sangat mulia dengan segala keagungannya disebutkan tuntas dalam Al-qur'an itu, masih serius menghadapi 10 hari terakhir Ramadan. Bahkan beliau begitu bersemangat dan menghidupkan malam-malamnya," kata Ustaz Adi.

Di dalam Al-qur'an dan hadis dijelaskan bahwa Ramadan adalah bulan paling istimewa, dari awal sampai akhir Ramadan. Akan tetapi, pada 10 hari terakhir, Allah SWT telah menjanjikan keutamaaan lebih yaitu sebagai penanda atau indikator kekuatan dari sudut keimanan seorang hamba sekaligus penanda kesungguhan seseorang dalam beramal.

"Jadi rumusnya cukup disiapkan dengan persiapan maksimal untuk dibuktikan kepada Allah, karena itu yang dicontohkan Nabi SAW. Beliau sendiri ingin membuktikan imannya sendiri lebih kuat dari sebelumnya, beliau ingin membuktikan bahwa puasa-puasa kemarin beliau sungguh-sungguh," kata Ustaz Adi

Sekian,

Wassalamualaikum Wr. Wb

Jawaban:

judul:MERAMAIKANMASJID


15. Membuat tausiah tentang azab orang yang melakukan zina singkat sama dalil-dalil nya. Tlong bantu ka​


Jawaban:

Asslamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

Alhamdulillahi robbil alamin wabihi nasta'inu ala umuriddunya waddin ashsholatu wassalamu'ala asrofil ambiya iwal mursalin wa ala alihi washohbihi ajmain amma ba’du. Asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah. Asyhadu anla’ ilaha ilallahu wahdahula syarikalahu wa’asyhadu anna muhamaddan abduhu warasulluh. Allahuma shalii a’la muhammad wa ala ali muhammad.

Telebih dahulu marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SubhanahuWata’ala yang mana atas rahmat Nya yang di berikan kepada kita sehingga kita dapat berkumpul dan bersilatutahim di tempat yang dirahmatinya ini.

Seperti yang kita tahu, kita adalah pelajar dan kita pasti tahu apa itu tugas pelajar, tugas pelajar yaitu belajar dengan baik, baik itu belajar ilmu pengetahuan, dan kelakuan, atau kepribadian. Akan tetapi kita juga mungkin mengetahui bahwa kita masih dalam tahap pertumbuhan baik itu fisik maupun kejiwaan dan kondisi kita masih belum stabil sehingga kita dapat mudah terpengaruh dan terperangkap dalam kesalahan-kesalahan.

Kelemahan para pelajar kebanyakan pada apa-apa yang berhubungan dengan lawabn jenis baik itu pacaran, pertemanan yang berlebihan, atau tidak adanya etika antara lawan jenis.

Allah berfirman: "Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk" (Al-Isra' 17:32)

Dalam ayat ini dikatakan bahwa janganlah mendekati yang namanya zina, disini dikatakan “janganlah mendekati”. Mendekati saja sudah dilarang apalagi kalau sampai di lakukan. Zina merupakan perbuatan yang berdosa besar jadi para pelajar seperti kita harus berhati-hati dengan dosa zina ini. Dan kepada para lelaki atau pejantan hati-hatilah terhadap dosa tersebut kalian harus menjaga pandangan kalian, kemaluan kalian dan jangan sampai kalian melakukan apa yang namanya zina.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

اْلاِيْمَانُ مِنْهُ خَ رَجَجُلُ الرَّزَنَى اِذَا

“Apabila seseorang berzina maka iman keluar darinya”. [HR. Abu Dawud]

Dari hadist tersebut sangat jelas bahwa zina merupakan suatu perbuatan yang amat hina, hingga dikatakan bahwa orang yang berzina sudah tidak lagi memiliki iman. Ia tidak merasa malu kepada Allah saat melakukannya. Itu bukanlah sifat orang yang beriman.

Demikian saja yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau salah berkata, dan semoga tausiah dari saya ini ada manfaatnya umumnya bagi kita semua. Aamiin.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh


16. ceramah singkat beserta judul dan penceramahnya​


judul :penting nya sikap saling tolong menolong

penceramah:ahmad

assamuaikum warohmatulohi wabarokatuh

Hadirin seluruh jamaah sholat isya dan terawih sekalian

mari kita sama-sama kita panjatkan syukur

bersholawat kepada nabi Muhammad

Pada malam hari yang mulia ini saya ingin mengajak kepada hadirin semuanya


17. contoh ceramah beserta dalilnya


hadist tentang kebersihan
al islamu nazifun fatanazdofu fainnahu layad hulul jannata illanazifun artinya islam itu adalah bersih maka jadilah kalian orang orang yang bersih maka sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang yang bersih (baihaqi)

18. buatlah ceramah singkat beserta judul ceramah


Jawaban:

Jawaban di bawah :)

Penjelasan:

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah memberikan kepada kita semua nikmat sehat serta nikmat iman sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang insya Allah mulia ini.Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita NAbi Agung Muhamamd SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman ilmiah yang terang benderang seperti sekarang ini. Juga kepada keluarganya, sahabatnya, serta para pengikutnya dan sampailah kepada kita selaku umatnya. Aamiin.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Allah serta Rasul-Nya telah mengajarkan kepada kita untuk dapat menjalani hidup dengan lapang dan tenang. Salah satu sifat yang harus kita miliki untuk dapat hidup lapang dan tenang adalah adalat sifat sabar. Kata sabar berasal dari bahasa arab yang artinya menahan diri. Apabila diartikan dalam kehidupan sehari-hari maka cakupan artinya sangat luas.

Kita akan semakin mudah untuk dapat bersabar dalam menghadapi cobaan apabila kita semakin sadar akan siapa diri kita sebenarnya. Untuk itu hal pertama yang dapat kita bangun dalam diri kita adalah dengan menyadari bahwa kapanpun dan di manapun kita berada pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya cobaan.

Dalam Al-Quran banyak sekali ayat-ayat yang membahas mengenai balasan bagi orang-orang yang bersabar. Beberapa ayat tentang sabar ada dalam surah Al-Baqarah ayat 153, 155,156,157. Untuk ayat 153 berbunyi yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar.

Tanpa mengurangi rasa hormat saya, saya mengajak saudara semua untuk selalu meningkatkan kualitas sabar kita mengenai apapaun yang telah terjadi dalam hidup kita. Sehingga hati kita dapat lebih tenang dalam menerima apa yang telah Allah takdirkan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Catatan:Ini udah aku buat sesingkat mungkin lo ya, kalo kurang singkat di ringkas sendiri

SEMOGA MEMBANTU :)

19. jelaskan pengertian zina dengan di sertai dalil surat al quran​


Jawaban & Penjelasan:

Zina (ejaan tidak baku: zinah; bahasa Arab: الزنا‎, bahasa Ibrani: ניאוף -zanah) adalah perbuatan persetubuhan antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat pernikahan atau perkawinan.

ayat qur'annya=

وَلَا تَقْرَبُوا لزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلً

Artinya: "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keju. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra: 32).


20. ceramah singkat tentang hadist beserta nama penceramah​


Jawaban:

Semoga membantu yaaaa


Video Terkait


Ceramah Singkat Tentang Zina Beserta Dalilnya Ceramah Singkat Tentang Zina Beserta Dalilnya Reviewed by Derby on January 15, 2023 Rating: 5

No comments