Materi Matematika Semester 2 Kelas 4
✨Quiz Pagi✨• 8! = ...• 4! × 2! - 3! = ...Detail Soal:Mapel : MatematikaKelas : VI SDMateri : -Note : 29/11 - 3/12 saya bakalan tidak aktif dikarenakan ada PAS (penilaian akhir semester)!
1. ✨Quiz Pagi✨• 8! = ...• 4! × 2! - 3! = ...Detail Soal:Mapel : MatematikaKelas : VI SDMateri : -Note : 29/11 - 3/12 saya bakalan tidak aktif dikarenakan ada PAS (penilaian akhir semester)!
Jawaban:
1) 8! = 8x7x6x5x4x3x2x1
= 40.320
2) 4! x 2! - 3!
= (4x3x2x1) x (2x1) - (3x2x1)
= 24 x 2 - 6
= 48 - 6
= 42
2. ✨Quiz Pagi✨• 8! = ...• 4! × 2! - 3! = ...Detail Soal:Mapel : MatematikaKelas : VI SDMateri : -Note : 29/11 - 3/12 saya bakalan tidak aktif dikarenakan ada PAS (penilaian akhir semester)!
• 8!
= 8 × 9 × 8 × 7 × 6 × 5 × 4 × 3 × 2 × 1
= 40.320 ✔️
• 4! × 2! - 3!
= (4 × 3 × 2 × 1) × (2 × 1) - (3 × 2 × 1)
= 24 × 2 - 6
= 48 - 6
= 42 ✔️
Jawaban:
•8! = 8×7×6×5×4×3×2×1 = 40.320
•4!×2!-3! = ......?
4! = 4×3×2×1 = 24
2! = 2×1 = 2
3! = 3×2×1 = 6
Jadi.....
4!×2!-3! = 24×2-6 = 48-6 = 42
3. QUIZZZ[+10poin] 1. sebutkan semua materi matematika kelas 5 smester 1ean 2 2. 12²×12³= 3. 45³+23⁵= 4. tuliskan semua rumus kelas 5 semester 1 dan 2 5. 75³+34⁵= peraturan untuk menjawab1. no copas2. dengan cara dan penjelasan3. no ngasal jika mengikuti semua peraturan akan memberikan jawaban terbaik loh
Jawaban:
1. 248.832
2. 586.511.755.875
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Yang lain kamu jawab ya
4. Penilaian PengetahuanPelajaran 1 : Bilangan BulatMateri Pembelajaran: Penjumlahan Bilangan BulatKelas : 6Semester : 11. Ayo, memilih salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a,b, c, atau d!1. Perhatikan gambar berikut!-3 -2 -1 0 1 2 3Anak panah di atas menunjukkan bilangan ....a. 4C. -3b. 3d. -42. Perhatikan gambar berikut!5 6 7-1 01 2 3 4Hasil dari penjumlahan di atas adalah ....a. 8C. -6b. 6d. -88928MatematikaKelas 6Atolong di jawab ya kak
Jawaban:
a.d.b.c.a.c.d mafkalo salah yah
5. PENILAIAN HARIAN (PH) 4 Mata Pelajaran Matematika Materi BAB V. BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (BRSL) GABUNGAN BRSL. Kelas / Semester Waktu IX / Genap: 1 Jam pelajaran (40 menit) Soal. 1. Perhatikan gambar di bawah ini! Apabila tinggi tabung = diameter tabung = 6 Cm, sedang tinggi kerucut 4 Cm, Hitunglah Volume dan Luas sisi bangun tersebut tverucut t Labury 2. Tersedia 3 bangun ruang yaitu Tabung, Bola, dan kerucut, jika diameter tabung = diameter bola = diameter kerucut = tinggi tabung = tingggi kerucut, tentukan = 12 Cm, Hitunglah perbandingan volume tabung, volume bola dan volume kerucut!
Jawaban:
Soal No. 1
Diberikan sebuah tabung tertutup yang memiliki jari-jari sebesar 20 cm dan tinggi 40 cm seperti gambar berikut.
Tentukan:
a) volume tabung
b) luas alas tabung
c) luas tutup tabung
d) luas selimut tabung
e) luas permukaan tabung
f) luas permukaan tabung jika tutupnya dibuka
Pembahasan
a) volume tabung
V = π r2 t
V = 3,14 x 20 x 20 x 40 = 50 240 cm3
b) luas alas tabung
Alas tabung berbentuk lingkaran hingga alasnya
L = π r2
L = 3,14 x 20 x 20 = 1256 cm2
c) luas tutup tabung
Luas tutup tabung sama dengan luas alas tabungnya.
L = 1256 cm2
d) luas selimut tabung
L = 2 π r t
L = 2 x 3,14 x 20 x 40
L = 5 024 cm2
e) luas permukaan tabung
Luas permukaan tabung = luas selimut + luas alas + luas tutup
L = 5 024 + 1 256 + 1 256 = 7 536 cm2
atau dengan menggunakan rumus langsungnya
L = 2 π r (r + t)
L = 2 x 3,14 x 20 (20 + 40)
L = 12,56 x 60 = 7 536 cm2
f) luas permukaan tabung jika tutupnya dibuka
L = luas selimut + luas alas = 5 024 + 1 256 = 6280 cm2
atau dari luas permukaan dikurangi dengan luas tutup
L = 7 536 − 1 256 = 6 280 cm2
Soal No. 2
Diberikan sebuah kerucut yang memiliki jari-jari sebesar r = 30 cm dan garis pelukis s = 50 cm seperti gambar berikut.
Tentukan:
a) tinggi kerucut
b) volume kerucut
c) luas selimut kerucut
d) luas permukaan kerucut
Pembahasan
a) tinggi kerucut
Tinggi kerucut dicari dengan dalil atau rumus phytagoras dimana
t2 = s2 − r2
t2 = 502 − 302
t2 = 1600
t = √1600 = 40 cm
b) volume kerucut
V = 1/3 π r2 t
V = 1/3 x 3,14 x × 30 x 30 x 40
V = 37 680 cm3
c) luas selimut kerucut
L = π r s
L = 3,14 x 30 x 50
L = 4 710 cm2
d) luas permukaan kerucut L = π r (s + r)
L = 3,14 x 30 (50 + 30)
L = 3,14 x 30 x 80 = 7 536 2
Soal No. 3
Diberikan sebuah bola yang memiliki jari-jari sebesar 30 cm seperti gambar berikut.
Tentukan:
a) volume bola
b) luas permukaan bola
Pembahasan
a) volume bola
V = 4/3 π r3
V = 4/3 x 3,14 x 30 x 30 x 30
V = 113 040 cm3
b) luas permukaan bola
L = 4π r2
L = 4 x 3,14 x 30 x 30
L = 11 304 cm2
Soal No. 4
Sebuah bola besi berada didalam tabung plastik terbuka bagian atasnya seperti terlihat pada gambar berikut.
Tabung kemudian diisi dengan air hingga penuh. Jika diameter dan tinggi tabung sama dengan diameter bola yaitu 60 cm, tentukan volume air yang tertampung oleh tabung!
Pembahasan
Volume air yang bisa ditampung tabung sama dengan volume tabung dikurangi volume bola di dalamnya.
dengan rtabung = 30 cm, rbola = 30 cm dan ttabung = 60 cm
V tabung = πr2 t
V tabung = 3,14 x 30 x 30 x 60
V tabung = 169 560 cm3
V bola = 4/3 π r3
V bola = 4/3 x 3,14 x 30 x 30 x 30
V bola = 113 040 cm3
V air = V tabung − V bola
V air = 169 560 − 113 040 = 56 520 cm3
Soal No. 5
Diberikan dua buah bola dengan jari-jari masing-masing 10 cm dan 20 cm!
a) Tentukan perbandingan volume kedua bola
b) Tentukan perbandingan luias permukaan kedua bola
Pembahasan
a) Perbandingan volume dua buah bola akan sama dengan perbandingan pangkat tiga dari jari-jari masing-masinbg bola,
V1 : V2 = r13 : r23
V1 : V2 = 10 x 10 x 10 : 20 x 20 x 20 = 1 : 8
b) Perbandingan luas permukaan dua buah bola akan sama dengan perbandingan kuadrat jari-jari masing-masing bola,
L1 : L2 = r12 : r22
L1 : L2 = 10 x 10 : 20 x 20 = 1 : 4
Penjelasan dengan langkah-langkah:
maaf kalau kalau salah
6. selamat hari raya idul Fitri mohon maaf lahir dan batinYANG ADA AKU BUAT SALAH KEPADA KAKAK DAN ABANG ABANG MOHON DIMAAFKAN DAN SEBAGAI PERMINTA MAAF JAWABLAH SOAL INI DENGAN BERIKUT DAN DENGAN BENAR NO GOOGLE REPORT beserta penjelasannyaBerikut ini adalah pembahasan soal dan jawaban Latihan US, UAS dan USBN untuk siswa kelas 6 SD Pelajaran Matematika semester genap dilansir dari berbagai sumber:Baca juga: SOAL USBN UJIAN SEKOLAH Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tahun 2021 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan GandaBaca juga: KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 5 Halaman 173 174 175 176 177 179 180 181 182 Subtema 3 Benda di Sekitar*SOAL PILIHAN GANDAA. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b, c atau d didepan jawaban yang benar !1. Hasil dari 7.598 - 1.637 - 2.893 + 4.716 adalah (materi klik disini)a. 7.784b. 7.812c. 7.856d. 7.9032. Hasil pengerjaan dari 64 x 826 : 28 adalah ....a. 1.678b. 1.762c. 1.888d. 1.9163. Suhu udara di puncak gunung pada pukul 03.00 adalah -10° C. Setelah matahari terbit, energi matahari menaikkan suhu udara di puncak gunung tersebut. Jika setiap jam suhu udara di puncak guning naik 5° C, suhu udara pada pukul 15.00 menjadi C°a. 23b. 24c. 26d. 28Soal matematika ini bisa dijadikan bahan belajar dalam menyongsong ujian akhir semester. Jangan lupa untuk giat berlatih soal agar mendapatkan nilai yang memuaskan.Tak perlu khawatir, soal ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban. Jadi adik-adik bisa mengerjakannya terlebih dahulu kemudian dicocokan oleh bunda di rumah.Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawaban5. 20 × ( 80 : 5 ) – ( 16 + 9 ) = n, n adalah ….A. 327B. 313C. 295D. 345Dinda membeli 4 keranjang buah mangga. Tiap keranjang berisi 15 buah. Ternyata setelah dibuka ada 8 buah mangga yang busuk. Kemudian Dinda membeli lagi 25 buah mangga. Jadi, buah mangga Dinda sekarang ada … buah.A. 52B. 67C. 77D. 93
Jawaban:
1. a. 7.784
2. c. 1.888
3. 50°c
4. c. 295
5. c. 77
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1. 7.598 - 1.637 - 2.893 + 4.716 =
5.961 - 2.893 + 4.716 =
3.068 + 4.716 =
7.784
2. 64 × 826 : 28 =
52.864 : 28 =
1.888
3. Dik:
03.00 = -10°c
1 jam = 5°c
Dit:
Berapa derajat ketika pukul 15.00?
Jawab:
15.00 - 03.00 = 12.00 atau 12 jam
maka, 12 × 5°c = 60°c
kemudian, -10°c + 60°c = 50°c
jadi, suhu pada puncak gunung ketika pukul 15.00 adala 50°c
4. 20 × (80 : 5) - (16 + 9) = n
20 × (16) - (25) = n
320 - 25 = n
295 = n
5. Dik:
buah mangga ada 4 keranjang
1 keranjang isi 15 buah mangga
8 buah mangga busuk
Dit:
Berapa buah mangga sekarang?
Jawab:
4 × 15 = 60 buah mangga
maka, 60 - 8 = 52 buah mangga tersisa
kemudian, 52 + 25 = 77 buah mangga
Jadi, sisa buah mangga milik Dinda sekarang adalah 77 buah
Semoga membantu
#Sikopet mah kuat
7. Pak Amar sedang mengajar pelajaran matematika di kelas IV semester satu. Dengan kompetensi dasar siswa mampu menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB). Pada pertemuan kali ini pak Amar akan menjelaskan cara menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan penyelesaiannya dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran awal dimulai dengan berdoa, presensi, dan menyiapkan alat-alat pembelajaran yang diperlukan. Pak Amar menyampaikan kepada kompetensi dasar yang akan dicapai dan tujuan pembelajaran siswa yang hendak dicapai. Pada kegiatan ini tahap eksplorasi pak Amar sembilan kepada siswa tentang kelipatan persekutuan terkecil dan siswa mencatat hal-hal yang penting. Sedangkan pada tahap elaborasi pak Amar membagi siswa menjadi kelompok (bersama dengan teman sebangku), kemudian dibagi lembar kerja siswa (LKS) dan siswa membicarakanſiya. Pada tahap konfirmasi siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipahami. Selanjutnya pada kegiatan akhir pak Amar memberikan tes formatif. Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah dikoreksi ternyata hasilnya mengecewakan, dari 20 siswa yang ada hanya 4 siswa (20%) yang mendapatkan nilai tuntas, 15 siswa (80%) bermain masih di bawah KKM 70, dengan nilai rata-rata 54,50. 1. Identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak Amar dalam kasus pembelajarannya. Berikan alasan mengapa itu anda anggap sebagai kelemahan 2. Jika anda yang menjadi pak Amar, jelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan anda tempuh untuk menghentikan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Beri alasan mengapa langkah-langkah itu yang anda tempuh
KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) adalah salah satu kelipatan bilangan terkecil yang sama dari banyaknya suatu bilangan tertentu. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa:
Kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak Amar dalam kasus pembelajarannya yaitu tidak menjelaskan secara terperinci tentang KPK dan FPB, siswa belum siap mengerjakan tugas, memberikan tes pada satu pertemuan sekaligus.Langkah-langkah pembelajaran yang akan ditempuh untuk menghentikan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) yaitu dengan menggunakan pohon faktor maupun cara terasering.Pembahasan:
Metode pembelajaran yang sesuai sangat menentukan keberhasilan dalam menyampaikan suatu materi kepada siswa. KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) adalah salah satu kelipatan bilangan terkecil yang sama dari banyaknya suatu bilangan tertentu. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa:
Kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak Amar dalam kasus pembelajarannya yaitu tidak menjelaskan secara terperinci tentang KPK dan FPB, siswa belum siap mengerjakan tugas, memberikan tes pada satu pertemuan sekaligus.Langkah-langkah pembelajaran yang akan ditempuh untuk menghentikan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) yaitu dengan menggunakan pohon faktor maupun cara terasering.Pelajari lebih lanjut
Materi tentang pengertian FPB https://brainly.co.id/tugas/7940299
#BelajarBersamaBrainly
#SPJ1
8. LATIHAN SOALMata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : VII/2Materi : ARITMATIKA SOSIAL (UNTUNG DAN RUGI)Kerjakan soal berikut dengan caranya !1. Pak Adi membeli 40 kg jeruk seharga Rp 280.000,00, kemudian ia menjualnya dengan harga Rp 8.000,00/kg. Jika 1 kg jeruk busuk dan tidak dapat dijual. Berapakah kerugian/keuntungan Pak Adi?2. Bu Ria membeli 30 buah pensil seharga Rp 135.000,00, kemudian ia menjualnya dengan menginginkan untung Rp 27.000,00. Berapa harga penjualan pensil perbuah?3. Arifin membeli sepeda seharga Rp 275.000,00. Karena suatu hal sepeda tersebut dijual dengan harga Rp 253.000,00. Berapa persentase kerugian yang dialami Arifin ?4. Seorang pedagang membeli TV LCD seharga Rp 3.000.000,00. Apabila pedagang tersebut menginginkanuntung sebesar 6%. Berapa harga jual YV LCD tersebut ?5. Pak Setyo menjual sepeda motor seharga Rp 10.800.000,00dengan kerugian 10%. Berapa harga pembelian sepeda motor tersebut ?ngarang reportkarena soal banyak point' gw banyakin
1. HARGA BELI = Rp 280.000.00
Bnyk jeruk yang di jual
= 40 kg - 1 kg
= 39 kg
Sehingga Harga Jualnya
= 39 × Rp 8000.00
= RP 312 .000.00
Untung = harga Jual - harga Beli
Untung = RP 312.000.00 - RP 280.000.00
UNTUNG = RP 32.000.00
2. harga beli 30 buah = 135.000
Untung 27.000
harga Jual 30 buah
= 135000 + 27000
= 162000
Harga Jual 1 buah = 162.000 / 30
= 5.400
3.Persentase Untung = Besar untung / harga
beli × 100%
persentase Rugi = Besar rugi / harga beli ×
100%
Jawab; Besar rugi = harga pembelian - harga pe njualan
= 275.000 - 253.000
= 22000
Persentase Rugi = besar rugi / harga beli ×100%
= 22000 / 275 .000 × 100%
= 2.200 / 275
= 8 %
4. dik : Harga Beli Tv LCD = 3000.000.00
UNTUK 6%
DITANYA ? HARGA JUAL
JAWAB : UNTUNG = 6% × RP 3000.000.00
= RP 180.000.00
harga jual = harga beli + untung
= RP 3000.000.00 + RP 180.000.00
= RP 3.180.000.00
5. 10.800 .000 × 10 % = 1.080.000
10.800.000 + 1.080.000 = 11.880.000
jadi harga Pembeli Motor Pak setyo RP 11880.000.00
bantu Follow yaa
#semoga membantu
Semangat Ujiannya ,
9. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)MATA PELAJARAN• MATEMATIKAMATERI:C PENGOLAHAN DATAKELAS/SEMESTER:V/2RESETYANAPNAMAData dapat diolah dengan menggunokon beberapa cara, yaitu : Meon, Median, don Modus.Kerjakanlah soal-soal berikut ini, dengan mengolah doto cora mean, median, atou modus. Kerjakon seperti contoh yangada pado video pembelajaran di class room dan di buku matematika halaman 148.1. Hasil tes matematika 14 orang siswa adalah 4, 5, 5, 6, 7, 8, 7, 6, 9, 7, 5, 9, 8, 7.Berapa siswa yang mempunyai nilai di bawah rata-rata ?
Jawab: Ada 6 siswa dari 14 siswa yang mempunyai nilai dibawah rata rata
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Mean = [tex]\frac{4+5+ 5+ 6+ 7+ 8+ 7+ 6+ 9+ 7+ 5+ 9+ 8+ 7}{14}[/tex]
[tex]=\frac{93}{14} = 6,61[/tex]
SEMOGA MEMBANTU
10. Kelas : VIII (2 SMP) Mapel : MatematikaSemester : 1 (Ganjil) Bab 3 : Relasi dan FungsiMateri : Memahami Bentuk Penyajian FungsiSoal Terdapat di Buku Paket Halaman 114 dan 115 Nomor 1, 2, 4, 8, dan 9Ayo Kita Berlatih 3.3Kerjakanlah soal-soal berikut. 1. Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}.a. Tentukan fungsi yang merupakan fungsi dari A ke B. b. Sajikan fungsi tersebut dengan diagram panah. c. Sajikan fungsi tersebut dengan rumus. d. Sajikan fungsi tersebut dengan tabel. e. Sajikan fungsi tersebut dengan grafik. 2. Suatu fungsi f dirumuskan sebagai f(x) = 3x - 2 dengan daerah asal adalah A = {-2, -1, 0, 1, 2}.a. Tentukanlah daerah hasil atau range dari fungsi f(x) = 3x - 2.b. Tentukanlah letak titik-titik tersebut pada koordinat Kartesius. 3. Jelaskan cara menentukan rumus fungsi jika diketahui fungsi f dinyatakan oleh f(x) = ax + b dengan f(-1) = 2 dan f(2) = 11.4. Fungsi f didefinisikan dengan rumus f(x) = 5 - 3x dengan daerah asal {-2, -1, 0, 1, 2, 3}a. Buatlah tabel dan himpunan pasangan berurutan dari fungsi tersebutb. Gambarlah grafik fungsinya5. Diketahui fungsi f(x) = ax + b. Jika f(2) = -2 dan f(3) = 13, tentukan nilai f(4).
Pendahuluan
HaiTeman-Teman
Apakah kalian tahu, apa itu Fungsi?Kalau kalian belum mengerti, lihat penjelasan berikut ini :
Fungsi dalam istilah matematika merupakan pemetaan setiap anggota sebuah himpunan kepada anggota himpunan yang lain yang dapat dinyatakan dengan lambang {\displaystyle y=f(x)}, atau dapat menggunakan lambang {\displaystyle g(x)}, {\displaystyle P(x)}.
Pertanyaan:
1. Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}.
a. Tentukan fungsi yang merupakan fungsi dari A ke B.
b. Sajikan fungsi tersebut dalam diagram panah.
c. Sajikan fungsi tersebut dengan rumus.
d. Sajikan fungsi tersebut dengan tabel.
e. Sajikan fungsi tersebut dengan grafik.
2. Suatu fungsi f dirumuskan sebagai f(x) = 3x - 2 dengan daerah asal adalah A = {-2, -1, 0, 1, 2}.
a. Tentukanlah daerah hasil atau range dari fungsi f(x) = 3x - 2.
b. Tentukanlah letak titik-titik tersebut pada koordinat Kartesius.
c. Gambarlah suatu garis yang melalui titik-titik tersebut.
3. Jelaskan cara menentukan rumus fungsi jika diketahui fungsi f dinyatakan oleh f(x) = ax + b dengan f(-1) = 2 dan f(2) = 11.
4. Fungsi f didefinisikan dengan rumus f(x) = 5 - 3x dengan daerah asal {-2, -1, 0, 1, 2, 3}
a. Buatlah tabel dan himpunan pasangan berurutan dari fungsi tersebut
b. Gambarlah grafik fungsinya
5. Diketahui fungsi f(x) = ax + b. Jika f(2) = -2 dan f(3) = 13, tentukan nilai f(4).
Jawaban1. a. • 0 akar kuadrat dari 0
• 1 akar kuadrat dari 1
• 4 akar kuadrat dari 2
• 9 akar kuadrat dari 3
Jadi relasi fungsi dari A ke B adalah = akar kuadrat dari, sehingga diperoleh himpunan pasangan berurutannya adalah
{(0, 0), (1, 1), (4, 2), (9,3)}Dan rumus fungsinya
f(x) = √xdengan x adalah anggota dari himpunan A
b. (Jawaban/Gambar ada pada bagian lampiran)
c. f(x) = √x
d. (Jawaban/Gambar ada pada bagian lampiran)
e. (Jawaban/Gambar ada pada bagian lampiran)
2. f(-2) = 3x - 2 - 2
-6 - 2
-8
f(-1) = 3x - 1 - 2
-3 - 2
-5
f(0) = 3 × 0 - 2
0 - 2
-2
f(1) = 3 × 1 - 2
3 - 2
1
f(2) = 3 × 2 - 2
6 - 2
4
Jadi, Range-nya adalah -8,-5,-2,1,4
b. (Jawaban/Gambar ada pada bagian lampiran)
c. (Jawaban/Gambar ada pada bagian lampiran)
3. Diketahui fungsi f(x) = ax + b, sehingga f(-1) = 2
2 = a(-1) + b
2 = -a + b ... (1)
f(2) = 11
11 = a(2) + b
11 = 2a + b ... (2)
Persamaan (1) dan (2) membentuk suatu sistem persamaan linear dengan dua variabel a dan b. Kita cari penyelesaiannya menggunakan metode eliminasi dan subtitusi.
2 = -a + b
11 = 2a + b
_________ -
-9 = -3a
a = 3
Nilai a = 3 kita substitusikan ke persamaan (1), diperoleh
2 = -a + b
2 = -3 + b
b = 2 + 3
b = 5.
Jadi, rumus fungsinya f(x)=3x+5.
4. a. (Jawaban/Gambar ada pada bagian lampiran)
b. (Jawaban/Gambar ada pada bagian lampiran)
5. f(x) = ax + b
f(2) = -2
-2 = 2a + b
f(3) = 13
13 = 3a + b
Metode Eliminasi
2a + b = -2
3a + b = 13
__________ -
-a + 0 = -15
a = 15
Subtitusi
2 (15) + b = -2
30 + b = -2
b = -32
Mencari nilai f(4)
f(x) = ax + b
f(4) = 15.4 + (-32)
= 60 - 32
= 28
PembahasanFungsi (matematika)Fungsi, dalam istilah matematika adalah pemetaan setiap anggota sebuah himpunan (dinamakan sebagai domain) kepada anggota himpunan yang lain (dinamakan sebagai kodomain). Istilah ini beda pengertiannya dengan kata yang sama yang dipakai sehari-hari, seperti “alatnya berfungsi dengan berpegang pada kebenaran.” Pemikiran fungsi adalah malu satu pemikiran dasar dari matematika dan setiap ilmu kuantitatif. Istilah "fungsi", "pemetaan", "peta", "transformasi", dan "operator" kebanyakan dipakai secara sinonim.
Anggota himpunan yang dipetakan dapat berupa apa saja (kata, orang, atau objek lain), namun kebanyakan yang dibahas adalah besaran matematika seperti bilangan riil. Contoh sebuah fungsi dengan domain dan kodomain himpunan bilangan riil adalah y=f(2x), yang menghubungkan suatu bilangan riil dengan bilangan riil lain yang dua kali semakin agung. Dalam hal ini kita dapat menulis f(5)=10.
Pelajari Lebih LanjutFungsi
https://brainly.co.id/tugas/1376015Detail JawabanKelas:VIII (2 SMP) Mapel:MatematikaBab:Bab 3 - Relasi dan FungsiMateri:Memahami Bentuk Penyajian FungsiSemester:1 (Ganjil) Halaman:114 dan 115 di Buku PaketKodeSoal:3.311. Penilaian HarianPerluasanPetunjuk:1. Bacalah materi pembelajaran pada materi pokok ini!2. Perhatikan dan pelajari gambar ilustrasinya!3 Diskusikan dengan temanmu dan buatlah refleksi dari materi pembelajaran!4. Kerjakan tugas-tugas terstruktur dan tugas tidak terstruktur dengan baik dan benar!5 Kerjakan tagihan di bawah ini dengan baik untuk menguji kompetensimu!Setelah dapat melalui uji kompetensi lanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya!ihan Tes TertulisBerilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yangbenar!1. Perhatikan gambar berikut!Panjang sisi dari kubus disamping adalah ....a. 6 cmb. 7 cmC. 8 cmd. 9 cmVolume = 512 cm31.Matematika SD/MI Kelas V Semester 11 - Cet. XV (Kur. 2013)nonton
Jawaban:
8cm
Penjelasan dengan langkah-langkah:
volume kubus = s³
s³= 512cm³
s=8cm
12. HOME LEARNING KELAS VI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/21 ____________________________ Mata Pelajaran : Matematika Hari/tgl : Rabu, 2 Sep 2020 Kelas/Semester : 6/I Materi : Volume Bola. ____________________________ Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! Dan kerjakan cara penyelesaiannya ! 1. Diketahui sebuah bola memiliki jari jari 21 cm. Maka volume bola tersebut adalah .... cm3 2. Diketahui diameter sebuah bola adalah 20 cm. Maka volume bola tersebut adalah.... cm3 3. Diketahui luas bola adalah 138.600 cm². Maka volume bola tersebut adalah .... cm3 4. Diketahui luas bola adalah 314 cm². Maka volume bola tersebut adalah ....cm3 5. Diketahui sebuah bola memiliki jari jari 42 m. Maka volume bola tersebut adalah .... m3 Tolong di jawab
Jawaban dan Penjelasan dengan langkah-langkah:
Rumus Luas Bola = 4 x phi x jari-jari x jari-jari4 x 22/7 x 21 x 21 = 5544 Cm34 x 3,14 x 10 x 10 = 1256 Cm3138.600 : 4 = 34.650 : 22/7 = 11.025. √11.025 = 105 Jari jarinya 12564 x 22/7 x 41 x 41 = 22.176Maaf kalo salahSemoga bermanfaatStayAtHome
#ButuhPoint
13. HOME LEARNING KELAS VI SEMESTER GANJIL TH PELAJARAN 2020/ 2021 ___________________________ Mata pelajaran : Matematika Hari/ tgl : Senin, 31-08 -2020 Kelas/Semester: 6 / I Materi : Volume Kerucut dan Bola. ____________________________ Pilihlah salah satu jawaban pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! 1. Rumus volume kerucut adalah .... a. V = alas x tinggi x tinggi kerucut b. V = π x r² x tinggi kerucut c. V = ½ x π x r² x tinggi kerucut d. V = ⅓ x π x r² x tinggi kerucut 2. Rumus luas permukaan kerucut adalah .... a. L = luas alas + luas selimut b. L = π x r² + π x r x s c. L = πr x (r + s) d. a, b, dan c benar 3. Sebuah benda mirip kerucut volumenya 6.468 cm3. Jika diameternya 42 cm, maka tinggi kerucut tersebut .... cm a. 12 b. 14 c. 15 d. 16 4. Sebuah kerucut tingginya 15 cm. Jika volume kerucut tersebut 6.930 cm³, maka diameter kerucut tersebut .... cm a. 42 b. 43 c. 44 d. 45 5. Sebuah kerucut luas alasnya 154 cm2. Jika volumenya 770 cm³, maka tinggi kerucut tersebut .... cm a. 12 b. 14 c. 15 d. 16 31082020 6. Luas permukaan kerucut dengan diameter 40 cm dan tinggi 15 cm adalah …. a. 750 π cm² b. 800 π cm² c. 850 π cm² d. 900 π cm² 7. Diketahui sebuah kerucut dengan volume 4.312 cm³. Jika jari-jarinya 14 cm, maka tinggi kerucut tersebut .... cm a. 18 b. 21 c. 24 d. 26 8. Rumus volume dan luas permukaan bola adalah .... a. V = 1/3 x π x r³ , L = 4/3 x π x r b. V = 2/3 x π x r³ , L = 4/3 x π x r² c. V = 3/4 x π x r³ , L = 4 x π x r² d. V = 4/3 x π x r³ , L = 4 x π x r² 9. Volume sebuah bola adalah 38.808 cm³. Panjang diameternya adalah .... cm a. 40 b. 42 c. 44 d. 46 10. Sebuah bola diameternya 28 cm. Luas permukaannya adalah .... cm² a. 2.464 b. 2.466 c. 2.474 d. 2.478 Tolong dijawab
1. D
2. A
3. B
4. A
5. C
6. C
7. B
8. D
9. B
10. A
Jangan Lupa Follow :)
&
Jawaban Tercerdas
14. materi pembelajaran :Penerapan Operasi Hitungdalam Kehidupan sehari-hariSemester : 1Selesaikan soal cerita berikut ini dengan tepat!1. Seekor katak berada pada titik -8. Katak itu maju 7 langkah, kemudian mundur 2 langkah lagi,Pada titik berapa katak tersebut berada?Jawab:2. Bima menaiki bukit setinggi 175 m. la naik lagi sejauh 52 m, kemudian turun 20 meter. Berapaketinggian Bima sekarang?Jawab:3. Suhu di suatu kota pada pagi hari 26°C. Pada siang hari suhunya naik 8°C, lalu pada malamhari suhunya turun lagi 10°C. Berapa suhu kota tersebut pada malam hari?Jawab:4. Seorang pedagang hari ini mengalami kerugian Rp50.000,00. Keesokan harinya, ia untungsebesar Rp65.000,00. Untung apa rugi yang dialami pedagang tersebut selama dua hari?Berapa besarnya?Jawab:52MatematikaKelas 6A
Jawaban:
(-8)+7-2=(-3)175m+52m-20m=207m26°C+8°C-10°C=24°C65.000,00-50.000,00=15.000,00(untung)Penjelasan dengan langkah-langkah:
semoga membantu:)
15. selamat hari raya idul Fitri mohon maaf lahir dan batinYANG ADA AKU BUAT SALAH KEPADA KAKAK DAN ABANG ABANG MOHON DIMAAFKAN DAN SEBAGAI PERMINTA MAAF JAWABLAH SOAL INI DENGAN BERIKUT DAN DENGAN BENAR NO GOOGLE REPORT beserta penjelasannyaBerikut ini adalah pembahasan soal dan jawaban Latihan US, UAS dan USBN untuk siswa kelas 6 SD Pelajaran Matematika semester genap dilansir dari berbagai sumber:Baca juga: SOAL USBN UJIAN SEKOLAH Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tahun 2021 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan GandaBaca juga: KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 5 Halaman 173 174 175 176 177 179 180 181 182 Subtema 3 Benda di Sekitar*SOAL PILIHAN GANDAA. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b, c atau d didepan jawaban yang benar !1. Hasil dari 7.598 - 1.637 - 2.893 + 4.716 adalah (materi klik disini)a. 7.784b. 7.812c. 7.856d. 7.9032. Hasil pengerjaan dari 64 x 826 : 28 adalah ....a. 1.678b. 1.762c. 1.888d. 1.9163. Suhu udara di puncak gunung pada pukul 03.00 adalah -10° C. Setelah matahari terbit, energi matahari menaikkan suhu udara di puncak gunung tersebut. Jika setiap jam suhu udara di puncak guning naik 5° C, suhu udara pada pukul 15.00 menjadi C°a. 23b. 24c. 26d. 28Soal matematika ini bisa dijadikan bahan belajar dalam menyongsong ujian akhir semester. Jangan lupa untuk giat berlatih soal agar mendapatkan nilai yang memuaskan.Tak perlu khawatir, soal ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban. Jadi adik-adik bisa mengerjakannya terlebih dahulu kemudian dicocokan oleh bunda di rumah.Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawaban5. 20 × ( 80 : 5 ) – ( 16 + 9 ) = n, n adalah ….A. 327B. 313C. 295D. 345Dinda membeli 4 keranjang buah mangga. Tiap keranjang berisi 15 buah. Ternyata setelah dibuka ada 8 buah mangga yang busuk. Kemudian Dinda membeli lagi 25 buah mangga. Jadi, buah mangga Dinda sekarang ada … buah.A. 52B. 67C. 77D. 93
Nomor 1
7.598 - 1.637 - 2.893 + 4.716
= 5.961 - 2.893 + 4.716
= 3.068 + 4.716
= 7.784
Jawaban: A. 7.784
Nomor 264 × 826 ÷ 28
= 52.864 ÷ 28
= 1.888
Jawaban: C. 1.888
Nomor 3Suhu mula-mula = -10° c
Kenaikan suhu = 5° c per jam
Kenaikan suhu
= (15.00 - 03.00) × 5
= 12 × 5
= 60° c
Suhu pada pukul 15.00
= -10 + 60
= 50° c
Jawaban: ???? [koreksi ya]
Nomor 420 × (80 ÷ 5) - (16 + 9)
= 20 × 16 - 25
= 320 - 25
= 295
Jawaban: C. 295
Nomor 5Jumlah buah mangga mula-mula
= 4 × 15
= 60 buah
Busuk = 8 buah
Beli lagi = 25 buah
Total akhir
= 60 - 8 + 25
= 77 buah
Jawaban: C. 77 buah
16. Kelas : 9Mapel : Matematika Semester : 1Materi : Persamaan dan fungsi kuadratTentukan HP (Himpunan Penyelesaian) nya! 1. 3x² + 15 = o2. 12y² + 18y =o3. 3x² - 75=o4. 11 - 3y² = y² —55. p (6p - 6) = —3pKakk tolong jawab yahh kak, terima kasih kakkkk ^_^^_^^_^Jika ada pertanyaan yang bingung silahkan chat di komentar kak !!!
Tentukan HP (Himpunan Penyelesaian) nya!
1. 3x² + 15 = 0
3(x² + 5) = 0
x² + 5= 0
x² = - 5
tidak ada penyelesaian
2. 12y² + 18y =o
6y( 2y + 3) =0
6y= 0 atau 2y + 3= 0
y = 0 atau y = - 3/2
3. 3x² - 75=o
3(x² - 25) =0
3(x - 5)( x+ 5) =0
x = 5 atau x= - 5
4. 11 - 3y² = y² —5
-3y² - y² = - 5 + 11
-4y² = 6
y² = - 6/4
tidak ada penyelesaian
5. p (6p - 6) = —3p
6p² -6p + 3p =0
6p² - 3p = 0
3p(2p - 1) =0
3p= 0 atau 2p- 1 = 0
p = 0 atau p = 1/2
17. ✕TUTUPBERANDAAGAMABISNISMATERI SEKOLAHPENDIDIKANSOAL-SOALINFO LAINBERANDA / SOAL SD 640 Soal UTS Tema 2 Kelas 6 Revisi 2018 Semester 1 & Kunci JawabanOleh Muttaqin 1 komentarContoh soal UTS/ PTS Semester 1 kelas 6 tema 2 tentang persatuan dalam perbedaan kurikulum 2013 revisi dan kunci jawaban. Pada kali ini kami akan membagikan salah satu latihan soal UTS/PTS SD MI yang kami miliki, yaitu soal UTS Kelas 6, tepatnya tema 2.Dikarenakan kurikulum 2013 menggunakan konsep pembelajaran tematik, maka ada beberapa mata pelajaran yang kami masukkan dalam latihan soal ini, mulai dari PPKn, Matematika, IPA, IPS, Penjaskes. Sekedar informasi, bahwa Tema 2 (persatuan dalam perbedaan) pada kelas 6 terbagi menjadi 3 subtema, antara lain : subtema 1 tentang rukun dalam perbedaan, subtema 2 tentang bekerja sama mencapai tujuan, subtema 3 tentang bersatu kita teguh. Silahkan buka juga : 40 Soal Tematik Kelas 6 : Rukun dalam Perbedaan & JawabanSoal Tematik Kelas 6 Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan)Dalam contoh soal UTS kelas 6 tema 2 ini, kami membagi latihan soal menjadi 3 jenis soal. Tentu saja ini jenis soal ranah pengetahuan ya… Untuk ranah keterampilan, kami belum bisa membagikannya. Lalu, apa saja jenis soal tematik kelas 6 yang kami bagikan ini? Nah, soal ini terdiri dari soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal essay/ esai, dan soal uraian.Tentu saja sudah lengkap dengan kunci jawaban/ pembahasan soal. Kunci jawaban soal sudah kami sediakan pada halaman artikel ini ya. Tepatnya di akhir artikel. Ya sengaja kami letakkan pada akhir artikel agar pembaca berkenan untuk mencoba menjawab soal ini secara mandiri.Siapa tahu ada kunci jawaban atau soal yang bermasalah. Jika anda menjumpai ada yang salah pada artikel ini, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar ya… Masukkan saja nomor soal yang bermasalah, maka kami secepatnya akan merevisi artikel ini. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kritik dari pembaca ya…LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan kok, pada akhir artikel. Sudah ada tombol download yang dapat anda klik, sehingga anda akan diarahkan menuju halaman download soal.Demikian pengantar kami terkait contoh soal online UTS Semester Gasal kelas 6 tematik dan kunci jawaban. Semoga artikel soal UTS Gasal ini dapat bermanfaat kepada pendidikan di Indonesia, khususnya untuk SD MI kelas 6 Semester 1. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini artikel kami.Soal Pilihan Ganda Tema 2 Kelas 6 SD MI1. Semboyan yang perwujudannya persatuan dan kesatuan adalah …a. Garuda Pancasilab. Pancasilac. Bhinneka Tunggal Ikad. Bersatu Kita Teguh2. Hewan yang memiliki punuk sebagai penyimpan lemak untuk membantu mempertahankan diri di lingkungan padang pasir adalah ...a. kudab. untac. keledaid. beruang kutub3. Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dirumuskan di rumah …a. Ahmad Subarjob. Drs. Moh. Hattac. Ir. Soekanod. Laksamana Maeda4. Berikut tanaman yang tidak digunakan sebagai pewarna alami makanan adalah …a. wortelb. daun pisangc. sawid. kunyit5. Jika 86% air bumi adalah air asin, maka air bersih yang ada di bumi adalah …a. 15%b. 13%c. 12%d. 14%Iklan (Tutup K!ik 2x) 6. Assa membeli meja senilai Rp100.000,00, ternyata meja tersebut ada yang cacat dan tidak bisa ditukar. Assa menjual kembali meja tersebut dengan harga Rp67.000,00. Persentase kerugian Assa adalah …a. 52%b. 35%c. 33%d. 43%7. Dalam sekantong plastik terdapat 80 buah kelereng. Lalu, Bayu mengambil 20 kelereng dari kantong tersebut. Presentasi kelereng yang diambil oleh Bayu yaitu …a. 25%b. 15%c. 20%d. 12%8. Nilai 1/5 sama dengan …a. 10%b. 20%c. 5%d. 15%9. Berkut yang merupakan pecahan dua desimal yaitu …a. 5,09b. 3,6c. 1,351d. 6,78010. Beraneka ragam kebudayaan menjadi satu yang utuh dan serasi, arti merupakan …a. keragamanb. persatuanc. kebangsaand. kebudayan11. Gotong royong merupakan kegiatan yang menerapkan Pancasila sila ke …a. empatb. duac. satud. tiga12. Burung pelikan mempunyai paruh yang berkantong agar dia bisa membawa makanan untuk anaknya. Hal tersebut merupakan adaptasi …a. semaunyab. morfologic. fisiologid. tingkah laku13. Berikut ini sikap yang harus dikembangkan dengan adanya perbedaan, kecuali …a. memusuhib. menghargaic. toleransid. menghormati14. Berikut ini contoh persatuan dan kesatuan di masyarakat, kecuali …a. selalu mencela dan tidak mau membantu melaksanakan tugas rumahb. meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ikac. perlindungan, jaminan, serta menjunjung tinggi hak asasi manusiad. meningkatkan semangat kekeluargaan, gotong royong, dan musyawarahlontong aku kak
Jawaban:
1. c. bhinneka tunggal ika
2. b. unta
3 d. Laksamana maeda
4 b. daun pisang
5 d. 14
6
7. a. 25
8.
9.
10.
11. d. tiga
12.
13. a. memusuhi
14. a. selalu mencela dan tdk mau membantu melaksanakan tugas rumah
maaf kalau salah
yang kosong aku g tau
semoga membantu
18. Quiz Matematika Kelas VIII Semester Ganjil Materi : Pola, Barisan & Deret 1. Rumus suku ke-n dari barisan bilangan : -12,9,[tex]-6\frac{3}{4}[/tex],..... adalah..... a. [tex]-12(\frac{3}{4})^{n-1}[/tex] b. [tex]-12(-\frac{3}{4})^{n-1}[/tex] c. [tex]-12(\frac{3}{4})^{n}[/tex] d. [tex]-12(\frac{4}{3})^{n-1}[/tex] 2. Jika (x + 7), (x + 1), dan (x - 3) adalah tiga suku berurutan deret geometri, maka jumlah ketiga suku tersebut adalah.... a. 27 b. 32 c. 36 d. 38 Tolong dijawab ya Pakai penjelasan juga ya Terimakasih
Jawaban:
No1
a=-12
r=-¾
Un = a× r^(n - 1)
Un = -12 × -¾^(n-1)
jawabannyaB
No2
U1=x+7
U2=x+1
U3=x-3
x=?
r1 = r2
U1/U2 = U2/U3
(x + 7) / (x + 1) = (x + 1) / (x - 3)
x² + 2x + 1 = x² + 4x + -21
2x = 22
x = 11
U1=11+7=18
U2=11+1=12
U3=11-3=8
Sn=18+12+8=38(D)
19. 33. Hasil dari (- 2x + 5)(3+5x) adalah ...A. 10x2 + 19x + 15B. 10x2 + 19x + 15C. - 10x7 + 18x + 15D. - 6x2 + 25x + 1534. Hasil dari 18a4÷2a4 adalah... A. 18B. 9C. 18a⁴D. 9a⁴ 35. Dari pernyataan-pernyataan berikut:i. x + 15 = 10,ii. 5a + 9a = 14a,iii. 3y - 7 = 2y + 14iv. g adalah bilangan ganjil,yang merupakan kalimat terbuka adalah ...A. 1, 2, dan 3B. 1, 2, dan 4C. 1, 3, dan 4D. 2, 3, dan 436. Penyelesaian dari 30 + 6x = 12 adalah ...A. x = -7B. X = -3C. X=3D. X=7Jawab pertamaku jadikan jawaban tercerdas Detail:Mapel: MatematikaKelas: 7 (1 SMP) Materi: Aljabar (Latihan Penilaian Akhir Semester) Pliss kak bantuin
Jawaban:
34. B
36. C
Penjelasan dengan langkah-langkah:
34. 18a⁴ : 2a⁴ = 9
36. 30 + 6x = 12
6x = 12 - 30
6x = 18
x = 18 : 6
x = 3
20. materi MTK data kelas 8 semester 2 1. hitunglah median dan modus dari nilai ujian matematika kelas 3 SMU berikut : 8;4;5;6;7;6;7;7;2;9;10 2. perhatikan tabel berikut ini! tentukan median dan modusnya : a. Nilai (X) = 4, frekuensi (f) = 5 b. Nilai (X) = 5, frekuensi (f) = 7 c. Nilai (X) = 6, frekuensi (f) = 15 d. Nilai (X) = 7, frekuensi (f) = 7 e. nilai (X) = 8, frekuensi (f) = 6
Jawaban :
1.) Median = 7
Modus = 7
2.) Median = 7
Modus = 7
1. Me = 7 Mo = 7
2. Me = 6
semoga bermanfaat....
No comments