Apa Yang Dimaksud Dengan Default Gateway


Apa Yang Dimaksud Dengan Default Gateway

Jelaskan tentang default gateway

Daftar Isi

1. Jelaskan tentang default gateway


Gateway adalah komputer yang memiliki minimal 2 buah network interface untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih. Di Internet, suatu alamat bisa ditempuh lewat gateway-gateway yang memberikan jalan/rute ke arah mana yang harus dilalui supaya paket data sampai ke tujuan.Gateway adalah komputer yang memiliki minimal 2 buah network interface untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih. Di Internet suatu alamat bisa ditempuh lewat gateway-gateway yang memberikan jalan/rute ke arah mana yang harus dilalui supaya paket data sampai ke tujuan. 

2. Default gateway pada jaringan adalah


192.168.1.1

Username = Admin
Password = Admin

3. apa fungsi dari Default gateway​


Jawaban:

1. Sebagai Protocol Converting

2. Memudahkan akses Informasi

3. Hardware Sharing

4. Keamanan dan pengaturan data

5. Ke-stabilan dan Peningkatan Performa Komputasi

Penjelasan:

Default gateway merupakan sebuah device atau perangkat yang merutekan trafik dari local network.

Jawaban:

Fungsi Gateway

Setelah kita membahas mengenai Pengertian Gateway pada jaringan komputer, maka kini DimensiData akan membahas mengenai fungsi Gateway untuk sebuah jaringan internet komputer. Jika dilihat dari pengertiannya, maka kita mungkin dapat mengatakan bahwa secara umum Gateway berfungsi untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer dengan jaringan komputer yang lain dengan protocol yang berbeda. Gateway dapat digunakan dalam menghubungkan IBM SNA dengan digital SNA, Local Area Network atau LAN dengan Wide Area Network atau WAN. Namun, terdapat pula beberapa fungsi dari Gateway yang lain jika kita merincinya jauh lebih detail lagi. Berikut ini informasinya.

1. Sebagai Protocol Converting. Seprerti yang telah dijelaskan di atas bahwa gateway dapat menghubungkan sebuah jaringan komputer dengan jaringan komputer lain dengan protocol yang berbeda. Untuk dapat menghubungkan dua jaringan dengan protocol yang berbeda inilah gateway harus memiliki kemampuan untuk melakukan konversi protocol sehingga dua protocol yang berbeda ini dapat saling dikaitkan atau dihubungkan. Sebuah Gateway jaringan merupakan sebuah sistem internet working yang mengkoneksikan dua jaringan dalam waktu yang sama dan dapat dikonfigurasikan dalam sebuah perangkat lunak atau software. Nah, jaringan gateway ini dapat beroperasi dalam setiap tingkat yang ada pada model lapisan dari OSI atau yang disebut juga dengan Open System Interconnection.

2. Memudahkan akses Informasi. Tanpa gateway, jaringan komputer dengan protocol yang berbeda tidak akan pernah dapat dihubungkan satu sama lain. Ketika ini terjadi, maka sudah pasti bahwa sebuah jaringan komputer tidak akan mampu untuk melakukan akses informasi dari komputer yang lainnya. Ketika gateway sudah digunakan dan jaringan komputer tersebut tersambung, maka tentu saja akses informasi pun dapat berjalan dengan jauh lebih mudah. Maka Gateway pun sangat berguna untuk digunakan dalam memudahkan melakukan akses informasi.

3. Hardware Sharing, Bagi pakai hardware secara bersama-sama. Contoh dari Penerapannya adalah penggunaan Printer Server, dimana 1buah Printer dapat digunakan secara bersama oleh Client dalam Jaringan.

4. Keamanan dan pengaturan data, komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting. Dari pada setiap departemen menjadi terpisah-pisah dan data-datanya tercecer dimana-mana. Data penting tersebut dapat di manage dalam sebuah server back end untuk kemudian di replikasi atau dibackup sesuai kebijakan perusahaan. Begitu pula seorang admin akan dapat mengontrol data-data penting tersebut agar dapat diakses atau di edit oleh orang-orang yang berhak saja.

5. Ke-stabilan dan Peningkatan Performa Komputasi


4. apa yang dimaksud dengan ip default dan kenapa ip default harus diganti?


karena delfault itu theme yang sebenarnya, tidak bisa di edit,atau di beri efek,tapi sebenarnya ip delfault itu juga tidak bisa digantiIP default itu ip bawaan dari Jaringan yang kamu hubungkan , Hal ini terjadi karena adanya DHCP ( Dynamic host configuration protocol )  protokol ini membagi ip dari jaringan yang terhubung .

Ip default bisa saja diganti tapi sebaiknya tidak diganti karena apabila ingin mengganti dengan ip sendiri harus sesuai dengan ketentuan  pembagian ip atau Subnetting.

5. public ip:202.168.125.45/24 default gateway:202.168.125/1 DNS server:248.115148.136,248.155148.137 local ip:192.168.2.1/24 A.ip 192.168.2.253/24 gateway :202.168.0.1 B.ip 192.168.2.2/24 gateway :202.168.125.45 C.ip 192.1682.155/24 gateway :192.168.2.1 D.ip 192.168.0.1/24 gateway :192.168.2.1 E.ip 192.168.1.223/24 gateway :248.115.148.136 yang tau cara mengerjakannya tolong ajarkan yah... :)


jawab nya yang D kalau ga salah

6. kelas IP yang meliki default gateway 255.255.255.255.0


gak salah kasih pertanyaannya mba?

7. Jelaskan apa yang akan terjadi bila kita tidak mengisi default gateway pada saat pengisian ipv4 di komputer client??


nanti kemungkinan bisa bertabrakan ip dg client lain

8. Lihat gambar dibawah ini, default gateway dari router adalah ??a. 172.168.0.2b. 192.168.0.3c. 192.168.0.2d. 172.168.0.1e. 192.168.0.1​


192.168.0.1

Penjelasan:

minimal harus 20 kata


9. Apa yang terjadi jika gateway default host mati?


Jaringan tidak akan terhubung.

Karena gateway sendiri merupakan 'gerbang masuk' ketika jaringan melakukan routing. Jika tidak ada pintu masuk, bagaimana sesuatu itu bisa masuk, analoginya seperti itu


10. Apa yang di maksud dengan media gateway


perangkat penerjemah.

11. apa yang dimaksud dengan gateway


Sebuah gateway jaringan akan  menghubungkan dua buah jaringan, sehingga peralatan yang berada pada salah satu jaringan dapat berkomunikasi dengan peralatan di jaringan yang lain. Sebuah gateway jaringan pada implementasinya bisa merupakan software (Perangkat Lunak), hardware sepenuhnya, atau merupakan kombinasi dari keduanya.

Tanpa Gateway kita tidak dapat mengakses Internet.


12. Apakah yang dimaksud dengan application layer gateway


Jawaban:

firewall yang berfungsi untuk menyalurkan aplikasi


13. sebutkan IP address pada 10 nomor komputer, subnet mask, dan default gateway​


Jawaban:

Urutan IP Address maksudnya ya

Penjelasan:

192.168.1.10-192.168.1.20 (itu bisa untuk 10 komputer)

subnet mask 255.255.255.0

default gateway 192.168.1.1


14. Beberapa langkah berikut adalah hal yg bisa di lakukan jika koneksi internet putus, kecuali a.matikan,kemudian hidupkan lagi komputer b. Cek nyala lampu pada ethernet dan kabel ethernet C. Pastikan setting IP dan default gateway sudah di konfigurasi dengan tepat D. PING default gateway E. PING DNS dan proxy server


A. Matikan, kemudian hidupkan lagi komputer

15. apa yang di maksud dgn gateway


Gateway adalah (gerbang jaringan) sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yang preotokolnya tidak sama atau berbeda.

16. apa yang dimaksud dengan gateway,router,repeater,bridge


RouterRouter adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI.

 GatewayGateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.Seiring dengan merebaknya internet, definisi gateway seringkali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "gateway" dengan "router" yang sebetulnya tidak benar.
Bridge

bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Jembatan jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Jembatan juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Jembatan akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke jembatan tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP).
Repeater
Repeater adalah sebuah stasiun untuk menerima sinyal yang masuk dan mengirimnya kembali pada frekuensi yang berbeda.Tujuan utama repeater adalah memperluas jangkauan operasi dari stasiun bergerak, atau stasiun di daerah rendah atau di daerah terpencil di mana komunikasi simplex biasanya tidak mungkin. Juga dapat digunakan sebagai channel kontak panggilan sebelum beralih ke frekuensi simpleks.

17. Tuliskan Perintah mengatur default routing sebuah router cisco jika IP gateway-nya adalah 10.19.1.23​


Jawaban:25

Penjelasan:maaf klau slah


18. apa yang dimaksud dengan gateway


Gateway artinya pintu gerbangSuatu Perangkat Yang Menghubungkan Jaringan Komputer Yang satu/Lebih Jaringan Komputer Dengan Media Komunikasi Yang Berbeda Sehingga Informasi Pd saat Jaringan Komputer Di Alihkan Akan Berbeda Dgn Media Jaringan yng Berbeda
(Maaf kalau Salah)

19. Jelaskan yang dimaksud internet gateway dan waktu penggunaannya !


*Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.
*Gateway dapat diaplikasikan antara lain untuk menghubungkanLAN (Local Area Network) dengan WAN (Wide Area Network). Salah satu fungsi poko gateway adalah melakukan protocol converting, agar dua arsitektur jaringan komputer yang berbeda dapat berkomunikasi.


20. Which default route will be active?/ip routeadd disabled=no distance=10 dst-address=0.0.0.0/0 gateway=1.1.1.1add disabled=no distance=5 dst-address=0.0.0.0/0 gateway=2.2.2.2


maybe,the 2.2.2.2 gateway one? because the distance is not too far?

sorry if i wrong because i answer it with my logic :3

im from juniorHighSchool

Video Terkait


Apa Yang Dimaksud Dengan Default Gateway Apa Yang Dimaksud Dengan Default Gateway Reviewed by Derby on February 02, 2023 Rating: 5

No comments