Al Baqarah Ayat 173 180


Al Baqarah Ayat 173 180

Arti ayat al baqarah ayat 172-173

Daftar Isi

1. Arti ayat al baqarah ayat 172-173


Jawaban:

Ayat 172 :

172.Wahai orang2 yg beriman! Makanlah dari rezeki yg baik yg kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.

Ayat 173 :

173.Sesungguhnya dia hanya mengharamkan atasmu bangkai,darah,daging babi dan (daging) hewan yg disembelih dgn (menyebut nama) selain Allah.Tetapi barang siapa terpaksa (memakannya),bkn karena menginginkannya dan tdk (pula) melampaui batas,maka tdk ada dosa baginya.Sungguh,Allah Maha Pengampun,Maha Penyayang

DontSpam,DontSpam


2. surah Al-Baqarah ayat 173 menjelaskan tentang....​


Jawaban:

Dalam Ayat 173 menyebutkan bahwa ada empat hal yang diharamkan Allah Swt yaitu : Bangkai, yaitu binatang yang mati bukan karena proses penyembelihan yang dibenarkan oleh syar'i. ... Binatang yang disembelih tidak sesuai dengan tuntunan agama.

Penjelasan:

semoga membantu


3. kandungan surat al baqarah ayat 172-173


Kandungan surahbAl Baqarah ayat 172-173 : Allah menghalalkan segala bentuk makanan. Akan tetapi, allah juga memberi batasan terhadap makanan sebagaimana tercantum dalam firman allah dalam surqh al-baqarah ayat 172-173 yang berupa empat macam, yaitu bangkai, darah, daging babi, dan hewan sembelihan yang disembelih tanpa menyebut nama allah.
Semoga membantu~^^

4. apa saja hukum tajwid yang ada di surat al baqarah ayat 173​


jawaban:

-mad thabi'i

-mad layyin

-mad jaiz


5. Arti kata لحم الخنزير dalam surat Al Baqarah ayat 173 adalah​


Jawaban:

Arti kata لحم الخنزير dalam surat Al Baqarah ayat 173 adalah

Daging Babi

Penjelasan:

Daging لحم

Babi الخنزير

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ بِهِۦ لِغَيْرِ اللَّهِ  ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَآ إِثْمَ عَلَيْهِ  ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

"Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. Tetapi barang siapa terpaksa (memakannya), bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 173)


6. kandugan surat al-baqarah ayat 180


Ayat ini mengandung perintah untuk memberikan wasiat kepada kedua orang tua dan kaum kerabat. Menurut pendapat yang lebih kuat, pemberian wasiat itu merupakan suatu hal yang wajib sebelum turunnya ayat mengenai mawaris (pembagian harta warisan)

7. mufradat surah al baqarah ayat 172-173


Surat Madaniyyah; Surat Ke-2 : 286 ayat
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ(١٧٢) إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنزيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ فَلا إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ(١٧٣)


“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah. (QS. Al-Baqarah: 172) Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Mahapengampun lagi Mahapenyayang.” (QS. Al-Baqarah: 173)


8. Apa saja hukum bacaan mad yang ada di Surat Al-Baqarah ayat 173?


Bacaan mad dalam Q.S Al-Baqarah:173 diantaranya :
- Mad Thabi'i
- Mad Layyin
- Mad'aridlisukun

9. jelaskan kandungan surah Al Baqarah ayat 172 sampai 173 !!​


Jawaban:

Dalam Surah al-Baqarah ayat 172, Allah Swt mengulangi kembali agar memakan makanan yang baik-baik, sebagaimana telah ditegaskan dalam ayat 168. Akan tetapi dalam ayat ini Allah Swt secara khusus menyerukan hanya kepada orang-orang yang beriman.

Sedangkan dalam ayat 173, Allah Swt menjelaskan jenis-jenis makanan yang diharamkan, yaitu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang disembelih dengan menyebut nama selain nama Allah Swt.


10. Di antara binatang yang haram dimakan sebagaimaba tersebut dalam Q.S. al-Baqarah ayat 173 adalah


bangkai,darah,binatang yg disembelih tanpa menyebut nama Allah binatang yaa? anj*ng,bab*, hewan yang matinya tidak dibacakan lafadz allah, bangkai (kecuali ikan yang ada dilaut)

11. Jelaskan kandungan surat Al Baqarah ayat 173


Kelas : XI
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kategori : Tafsir Al-Qur'an
Kata Kunci : Surat Al-Baqarah Ayat 173



Berikut adalah terjemahan dari Surat Al-Baqarah ayat 173 :

 

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

Berdasarkan terjemahan di atas, dapat disimpulkan bahwa kandungan dari surat Al-Baqarah ayat 173 adalah larangan untuk memakan makanan yang haram dalam Islam serta bebagai pengkondisiannya. Makanan yang haram berdasarkan ayat ini antara lain bangkai, darah, daging babi, serta binatang yang disembelih tanpa menyebut nama Allah. Adapun mengonsumsi makanan-makanan haram tersebut diperbolehkan apabila seseorang dalam keadaan terpaksa, tanpa ada niat untuk mengonsumsi dan tidak mengonsumsi melampaui batas.


12. Jelaskan pelajaran yang dapat kita ambil dalam surat al-baqarah ayat 173!​


Jawaban:

Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Berdasarkan terjemahan di atas, dapat disimpulkan bahwa kandungan dari surat Al-Baqarah ayat 173 adalah larangan untuk memakan makanan yang haram dalam Islam serta bebagai pengkondisiannya.


13. Allah swt menghalalkan kepada mereka segala yang baik-baik dan mengharamkan kepada mereka segala yang buruk-buruk terdapat Al-Qur'an surat .... * al-A'raf ayat 157 al-Baqarah ayat 275 al-Baqarah ayat 173 al-Baqarah ayat 270 ​


Jawaban: al-A'raf ayat 157

Penjelasan: jadikan jawaban yang terbaik


14. Apa saja hukum bacaan mad yang ada di Surat Al-Baqarah ayat 173?


mad thabi'i, mad layyin, mad jaiz, Bacaan mad dalam Q.S Al-Baqarah:173 ialah :
- Mad Thabi'i
- Mad Layyin
- Mad'aridlisukun

15. makanan yang di haramkan menurut QS. al baqarah ayat 173


Makanan hukumnya haram  untuk dimakan berdasarakan surah al baqarah aayt 173 adalah

Bangkai Darah Daging babi Daging hewan yang disembelih dengan nama selain nama Allah Pembahasan

Firman Allah dalam surah al baqarah ayat ke 173

اِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ بِهٖ لِغَيْرِ اللّٰهِ ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَّلَا عَادٍ فَلَآ اِثْمَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Terjemahan ayat

Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa terpaksa (memakannya), bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

********************

Selain menjelaskan tentang haramnya beberapa makanan bagi umat islam. Lanjutan lafadz ayat tersebut juga menjelakan bahwa boleh memakan makanan yang terlarang di lafadz sebelumnya ( memakan bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah) jika dalam keadaan terpaksa tetapi memakannya hanya sedikit sekedar untuk bertahan hidup. Ayat tersebut juga menjelaskan tentang asmaul husna Al ghafuur dan ar rahiim

Pelajari lebih lanjut Materi tentang cara mensyukuri nikmat Allah berdasarkan surah al kautsar, di link https://brainly.co.id/tugas/10796458#Materi tentang isi kandungan surah hud ayat ke 82, di link https://brainly.co.id/tugas/22890704# Materi tentang isi kandungan surah al isra ayat 32 dan surah an nur ayat ke 2, di link brainly.co.id/tugas/15128133# Materi tentang isi kandungan surah al maidah ayat ke 91, di link brainly.co.id/tugas/10819765# Materi tentang isi kandungan surah al hujurat ayat ke 13, di link brainly.co.id/tugas/15138817#

===============================

Detail jawaban  

Kelas : X

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab : Al-Qur'an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku  

Kode soal : 10.14.4

#AyoBelajar


16. contohperilaku manusiaberdasarkan QS. al-Baqarah ayat 173​


Jawaban:

follow ya dan jadikan jawabann terbaik dan dilike

A. Lafal Bacaan Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 172 Sampai 173 dan Artinya. "Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. ... Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. al-Baqarah : 173).


17. Makanan haram yang dijelaskan dalam surat al baqarah ayat 173


bangkai, darah, daging babi, dan hewan yg disembelih tanpa menyebut nama Allah

18. huruf hams dalam surat Al Baqarah ayat 172-173​


Jawaban:

huruf hams pada ayat 172 yaitu

(ش = (وَاشْكُه

يٰٓاَيُّهَا)  =     هـ)

huruf hams pada ayat 173 yaitu

(ح  =   (وَلَحْمَ

(ت =   (الْمَيْتَةَ

Penjelasan:

huruf hams artinya keluarnya nafas ketika membaca huruf-huruf yang mempunyai sifat Al Hams. Hurufnya ada sepuluh (10) yaitu:

ف – ح – ث – هـ – ش – خ – ص – س – ك – ت atau terangkum dalam kalimat فَحَثَّهُ شَخْصٌ سَكَتْ


19. "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" ini merupakan terjemahan surat A) Al-Baqarah Ayat 173B) Al-Baqarah Ayat 183C) Al-Baqarah Ayat 193D) Al-Baqarah Ayat 203​


Jawaban:

B. Al-Baqarah Ayat 183

Penjelasan:

Ayat yang berisi firman Allah mengenai kewajiban puasa ini tertuang pada Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."


20. makanan yang tidak diharamkan allah melalui surah al baqarah ayat 173 adalah​


Jawaban:

Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah.


Video Terkait


Al Baqarah Ayat 173 180 Al Baqarah Ayat 173 180 Reviewed by Derby on March 27, 2023 Rating: 5

No comments