Ciri Ciri Penerapan Budaya Adaptif


Ciri Ciri Penerapan Budaya Adaptif

Berikut ini adalah ciri-ciri penerapan budaya adaptif, kecuali.

Daftar Isi

1. Berikut ini adalah ciri-ciri penerapan budaya adaptif, kecuali.


Berikut ini ciri-ciri dari penerapan budaya adaptif, kecuali:

Memanfaatkan peluang-peluang yang ada dan berubah-ubah.Memperhatikan kepentingan-kepentingan yang diperlukan antara instansi mitra, masyarakat dan lain sebagainya.

Pembahasan:

Budaya adaptif adalah sebuah budaya yang terdapat pada suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki perubahan pada karyawan, termasuk dari cara perusahaan untuk menyelamatkan dan memelihara lingkungan kerja, serta adanya proses perbaikan internal yang berkelanjutan.

Perilaku adaptif sebuah kemampuan seseorang untuk mampu menyesuaikan diri dengan norma atau standar yang tengah berlaku di lingkungannya. Jika seseorang mampu berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku yang ada di lingkungannya, maka dapat dikatakan bahwa individu tersebut mempunyai perilaku adaptif yang baik.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang sifat-sifat budaya dapat dipelajari pada link https://brainly.co.id/tugas/10812704

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


2. Apa Ciri-ciri dari kata adaptif?


Jawaban:

Dapat Ditambahkan pada Kata Benda.

Dapat Diingkarkan dengan Menggunakan Kata “Tidak” .

Dapat ditambahkan Kata Pembanding.

Dapat Ditambahkan Kata Penguat.

Dapat Diberi Awalan “Ter-“ yang Menyatakan Bentuk Superlatif (Paling) .

Dapat Mengalami Pengulangan Kata dengan Awalan “Se-” .

Memiliki Akhiran Tertentu


3. Sebutkan apa saja ciri-ciri sikap adaptif


Keamampuan seseorang untk mengatasi secara efektif terhadap keadaan-keadaan yg tengah terjadi dalam masyarakat lingkungannya.
Merupakan keamampuan sesorang untuk dapat melakukan: kebebasan pribadi (personal independence) dan kemampuan beradaptasi secara pribadi (personal adaption). (Nihira, 1969)
Merupakan kemampuan untuk melakukan: fungsi otonomi (funcutional autonomy); tanggung jawab sosial (social responsibility); kemampuan penyesuaian terhadap orang-perorang (interpersonal adjusment). (Lambert & Nicoll,1976)
Merupakan bentuk kemampuan seseorang yg berkaitan dengan: fungsi kemandirian (independent functioning) untuk mencapai keberhasilan melaksanakan tugas sesuai dengan usia dan harapan masyarakat sekitar. Seperti membersikan diri, menggunakan toilet, makan, berpakaian, bepergian dan sebagainya. Dan tanggung jawab pribadi (personal responsibility). Serta mampu memantau perilaku pribadinya dan dapat menerima semua resiko/tanggung jawab atas pengambilan suatu keputusan: tercermin dalam pembuatan keputusan dan pemilihan tingkah laku. Tanggung jawab sosaial (social responsibility) seperti menerima tanggung jawab sebagai anggota kelompok/masyarakat dan melaksanakan tingkah laku yang sesuai dengan harapan kelompok/masyarakat: penyesuaian sosial terhadap lingkungan, perkembangan emosional, kemandirian ekonomi, tanggungjawb sebagai warganegara. (Leland, 1978)

4. Jelaskan 3 ciri perilaku adaptif


Kemampuan Konseptual, terdiri dari kemampuan berbahasa, menulis dan membaca, konsep tentang uang, kemampuan membuat pilihan, dan lainnya.

Kemampuan Sosial, diantaranya membangun relasi dan interaksi, tanggung jawab, kepercayaan diri, kedisiplinan, dan sebagainya.

Kemampuan Praktis, meliputi kemampuan mengurus diri sendiri (makan, berpakaian, mandi, dan lain-lain), melakukan pekerjaan rumah, mengerti tentang keselamatan dan kesehatan, dan sebagainya.


5. sebutkan ciri ciri kata adaptif. Kemudian buat satu paragraf biasa yang terdapat kata adaptif di dalamnya.


Jawaban:

adaptif /adap·tif/ : mudah menyesuaikan (diri) dng keadaan

ciri ciri :

- mengandung proses adaptasi suatu makhluk hidup

- biasanya dijelaskan fungsi atau tujuan

-) misal :

-Pohon jati menggugurkan daunnya ketika sedang musim kemarau

- cicak memutuskan ekor nya untuk mengelabui musuh

-) contoh paragraf :

di hutan yang seluas sekitar 2 hektar terdapat sekitar satu meter persegi lahan yang ditumbuhi pohon jati.pada musim kemarau dan bulan bulan tertentu pohon jati menggugurkan daunnya sendiri untuk mengurangi kebutuhan air tapi jika musim hujan sudah kembali pohon jati mulai menumbuhkan daunnya.


6. setiap negara memiliki budaya politik masing-masing dan setiap negara tidak berhak untuk mengklaim bahwa budaya politik negara lain adalah salah satu atau lebih rendah dari budaya politik yang dianutnya. hal tersebut menunjukkan pada salah satu ciri budaya yaitu bersifat...a. milik bersamab. kenisbianc. hasil proses belajard. adaptife.merupakan suatu yg terintegrasi


e.merupakan suatu yg terintegrasi.
maaf kalo salahe.merupakan suatu yg terintegrasi

maaf jika jawaban saya salah, terimakasih

7. jelaskan 4 macam budaya organisasi yg adaptif?


4 macam budaya organisasi yang adaptif yaitu:

1.Kebudayaan Klan (Clan Culture)

2.Kebudayaan Adhokrasi (Adhocracy Culture)

3.Kebudayaan Pasar (Market Culture)

4.Kebudayaan Hirarki (Hierarchy Culture)

Penjelasan

Hallo teman- teman BrainlyLovers!!! pada waktu luang kali ini kita bersama- sama akan  mencoba melakukan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran sekolah menengah atas mata pelajaran sosiologi. Semangat belajar yaa semoga sukses!!!

4 macam budaya organisasi yang adaptif yaitu:

1.Kebudayaan Klan (Clan Culture)

Pada organisasi yang berkebudayaan klan setiap anggota organisasi mempunyai rasa kebersamaan dan juga kekeluargaan. Pemimpin organisasi dianggap sebagai mentor atau pelatih bahkan sebagai figur seorang bapak sebagai kepala keluarga. Kebudayaan klan ini mirip dengan tipe kebudayaan keluarga yang dimana berusaha mencapai mufakat dan komitmen melalui keterlibatan antar anggota dan juga menghargai kerjasama, konsensus dan partisipasi. Sukses dalam konteks kebudayaan klan ini merupakan memenuhi kebutuhan pelanggan dan juga kepedulian terhadap masyarakat.

2.Kebudayaan adhokrasi (adhocracy Culture)

Kebudayaan adhokrasi ini didasarkan pada energi dan kreativitas. Karyawan didorong untuk berani dalam mengambil resiko, berpikir diluar kebiasaan dan bereksperimen dalam menyelesaikan masalah. Pemimpin organisasi dianggap sebagai pengusaha dan inovator. Sukses dalam konteks kebudayaan adhokrasi merpupakan mempunyai produk dan layanan baru serta menjadi pelopor sesuatu yang baru.

3.Kebudayaan Pasar (Market Culture)

Kebudayaan ini dibangun karena dimanika persaingan dan juga pencapaian hasil nyata, berfokus pada tujuan dan hasil. Berpusat pada lingkungan eksternal yaitu pelanggan, organisasi ini lebih mendahulukan kepuasan pelanggan dan laba perusahaan dibanding dengan kepuasan karyawan. Sukses dalam konteks organisasi yang berkarakteristik kebudayaan pasar merupakan mendapatkan pangsa yang besar dan menjadi pemimpin pasar

4.Kebudayaan Hirarki (Hierarchy Culture)

Kebudayaan hirarki dilandasi oleh struktur dan juga kendali. Lingkungan kerja bersifat formal dan sangat ketat. Sukses dalam kebudayaan hirarki ini merupakan perencanaan yang andal, kualitas produk dan layanan yang tinggi, biaya operasional yang rendah dan pengiriman yang tepat waktu.

Pelajari lebih lanjut

Adik-adik semua masih kepingin belajar materi sosiologi kan? Yuk adik-adik cek link di bawah ini yaa!!! Semoga dapat membantu adik-adik dalam belajar dan semoga membantu ya

1.Pengertian dari hegemonisasi pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/9781414

2.Komentar tentang berbagai konflik yang terjadi di indonesia pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/18136543

3.Sejarah humas yang ada di indonesia pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/414967

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: sosiologi

Bab: kebudayaan dan multikulturalisme

Kode: 11.20.5

Kata kunci: kebudayaan klan, kebudayaan adhokrasi, kebudayaan pasar


8. jelaskan maksud dari karakteristik kebudayaan bersifat adaptif dan maladaftif​


Jawaban:

Karakteristik kebudayaan bersifat adaptif :

1. Bersifat membangun

2. Kebudayaan nya dapat disesuaikan dng yg lain

Karakteristik kebudayaan bersifat maladatif:

1 . perbedaan pendapat

2. Penilaian nya relatif bebas dari subjektivitas


9. kebudayaan memiliki karakteristik yaitu bersifat adaptif . bagaimana jika kebudayaan tersebut tidak bersifat adaptif?


Jawaban:

tidak dapat menyesuaikan diri

Penjelasan:

kebudayaan adaptif artinya menyesuaikan diri.jika tidak memiliki adaptif kebudayaan tidak dapat menyesuaikan diri


10. jelaskan maksud dari karakteristik kebudayaan bersifat adaptif dan maladaftif​


Jawaban:

adaptif adalah mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan

maladatif adalah kegagalan individu mengintegrasikan aspek-aspek identitas masa kanak-kanak kedalam kematangan aspek psikososial kepribadian pada masa dewasa


11. Kebudayaan memiliki sifat yang adaptif yang berarti


mudah menyesuaikan diribisa menerima kebudayaan dari luar.., dan bisa dengan cepat menyesuaikannya

12. budaya organisasi bersifat adaptif, mengapa demikian? Kemukakan pendapat Anda, dan berikan contoh budaya organisasi di tempat kerja Anda atau di organisasi yang Anda amati, yang mengalami perubahan dikarenakan sifatnya yang adaptif​


Jawaban:

janjanahdjsnshsnwidmahroanbrosnq goxmwbgl, abgoclwbthhocw

budaya adaptif adalah budayayang terdapat pada suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki perubahan pada karyawan, termasuk cara perusahaan menyelamatkan dan memelihara lingkungan kerja, serta adanya proses perbaikan

Penjelasan:

adaptif adalah budaya organisasi di mana karyawan menerima perubahan, termasuk organisasi penyelamatan yanBudayag memelihara lingkungan dan perbaikan proses


13. Salah satu ciri penyimpangan adalah penyimpangan sosial bersifat adaptif. Jelaskan pernyataan tersebut!!tolong kak


Penyimpangan sosial bersifat adaptif, artinya perilaku menyimpang merupakan salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial. 

14. Jelaskan tentang sikap adaptif akibat pengaruh perubahan sosial budaya


Perilaku adaptif adalah kematangan diri dan sosial seseorang dalam melakukan kegiatan umum sehari-hari sesuai dengan usia dan berkaitan dng budaya kelompoknya.

15. jelaskan apa yang dimaksud kita harus mengembangkan sikap adaptif dalam mengembangkan kebudayaan


mungkin maksudnya kita harus bisa menyesuaikan diri dengan baik dalam berupaya mengembangkan kebudayaan dan menghadapi perkembangan kebudayaan. sehingga pengembangan kebudayaan tersebut dapat diterima dengan baik dan kebudayaan tersebut dapat tetap dipertahankan. maaf kalau salah

16. Jelaskan pengertian kebudayaan bersifat adaptif dan mal-adaptif ?


Jawaban:

Karakteristik kebudayaan bersifat adaptif :

1. Bersifat membangun

2. Kebudayaan nya dapat disesuaikan dng yg lain

Karakteristik kebudayaan bersifat maladatif:

1 . perbedaan pendapat

2. Penilaian nya relatif bebas dari subjektivitas


17. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang adaptif budaya di sekitar saudara


Jawaban:Budaya adaptif adalah budaya organisasi di mana karyawan menerima perubahan, termasuk organisasi penyelamatan yang memelihara lingkungan dan perbaikan proses internal yang berkelanjutan

Penjelasan:


18. Kebudayaan bersifat adaptif


Kebudayaan bersifat adaptif memiliki arti bahwa kebudayaan dapat menyesuaikan diri dengan apa yang terjadi. Kebudayaan daoat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman sehingga bisa kita temukan adanya pergeseran/perubahan kebudayaan pada kelompok sosial tertentu.

Contohnya adalah : kebudayaan manusia di Indonesia 100 tahun lalu berbeda dengan kebudayaan manusia di Indonesia pada saat ini.

SEMOGAMEMBANTU;)


19. Ciri ciri adaptif tumbuhan xerofit, tropofit, hidrofit


xerofit:mengganti daunnya dengan duri
tropofit:menggugurkan daunnya pada musim kemarau
hidrofit :akarnya panjang dan daunnya tipisxerofit:mengubah daunnya menjadi duri
tropofit:menggugurkan daunnya pada waktu musim kemarau
hidrofit:akarnya panjang dan daunnya tipis


20. jelaskan tentang sikap adaptif terhadap pengaruh perubahan sosial budaya


A. ModernisasiModernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa modernisasi adalah proses perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. Sebagai suatu bentuk perubahan sosial, modernisasi biasanya merupakan bentuk perubahan sosial yang terarah dan terencana. Perencanaan sosial (social planning) dewasa ini menjadi ciri umum bagi masyarakat atau negara yang sedang mengalami perkembangan. Suatu perencanaan sosial haruslah didasarkan pada pengertian yang mendalam tentang bagaimana suatu kebudayaan dapat berkembang dari taraf yang lebih rendah ke taraf yang lebih maju atau modern. Di Indonesia, bentuk-bentuk modernisasi banyak kita jumpai di berbagai aspek kehidupan masyarakatnya, baik dari segi pertanian, industri, perdagangan, maupun sosial budayanya. Salah satu bentuk modernisasi di bidang pertanian adalah dengan adanya teknik-teknik pengolahan lahan yang baru dengan menggunakan mesin-mesin, pupuk dan obat-obatan, irigasi teknis, varietas-varietas unggulan baru, pemanenan serta penanganannya, dan sebagainya. Semua itu merupakan hasil dari adanya modernisasi. Pada gambar berikut terlihat adanya kemajuan atau modernisasi dalam hal pemanenan hasil pertanian. Pada gambar (a) terlihat bahwa pengolahan hasil panen masih dilakukan secara manual; pada gambar (b) terlihat bahwa petani setempat mulai menggunakan teknologi sederhana dalam pengolahan hasil panennya; dan pada gambar (c) terlihat bahwa proses pemanenan dan pengolahan hasil panen dilakukan dengan menggunakan alat pertanian yang canggih sehingga proses pemanenan dan pengolahannya dapat dilakukan sekaligus.Berbagai bidang tersebut dapat berkembang melalui serangkaian proses yang panjang sehingga mencapai pola-pola perilaku baru yang berwujud pada kehidupan masyarakat modern. Sayangnya, penggunaan istilah modernisasi banyak disalahartikan sehingga sisi moralnya terlupakan. Banyak orang yang menganggap modernisasi hanya sebatas pada suatu kebebasan yang bersifat keduniawian. Tidak mengherankan juga bila banyak anggota masyarakat yang salah melangkah dalam menyikapi atau memahami tentang konsep modernisasi.





maaf kalo salah

Video Terkait


Ciri Ciri Penerapan Budaya Adaptif Ciri Ciri Penerapan Budaya Adaptif Reviewed by Derby on March 29, 2023 Rating: 5

No comments