Materi Mobilitas Sosial Kelas 8 Pdf


Materi Mobilitas Sosial Kelas 8 Pdf

ada yg tau rangkuman materi tentang mobilitas sosial kelas 8??​

Daftar Isi

1. ada yg tau rangkuman materi tentang mobilitas sosial kelas 8??​


Jawaban:

maaf aku pas gk ngerangkum aku masih mlz ngerangkum

Penjelasan:

maap ya:(


2. rangkumlah materi IPS kelas 8 semester 1 tentang faktor faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial​


Jawaban:

Faktor Pendorong Mobilitas Sosial

1. Faktor Struktural

Faktor struktural adalah jumlah relatif dari posisi tertentu yang bisa diisi. Ketika status sosial yang dituju oleh individu memang ada tempatnya untuk diisi, maka kondisi tersebut dapat mendorong terjadinya mobilisasi sosial. Contoh, adanya lowongan pekerjaan dapat mendorong pengangguran untuk melalukan mobilitas sosial.

2. Faktor Individu

Faktor individu merujuk pada kualitas seseorang, baik dari pendidikan, penampilan, keterampilan, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk dalam cakupan individu yakni perbedaan kemampuan, orientasi sikap terhadap mobilitas, dan keberuntungan.

3. Status Sosial

Sejak manusia lahir, ia telah berada di status sosial tertentu mengikuti orang tuanya. Apabila seorang individu tidak puas dengan status sosial yang diwariskan oleh orang tuanya, ia dapat mencari kedudukan sendiri dan melakukan mobilisasi sosial. Hal ini hanya mungkin terjadi di struktur sosial masyarakat yang terbuka.

4. Faktor Ekonomi

Keadaan ekonomi dapat menjadi pendorong terjadinya mobilitas sosial. Kenyataan hidup yang serba kekurangan dapat mendorong manusia untuk giat bekerja dan merubah status sosialnya.

5. Situasi Politik

Situasi politik dapat menyebabkan terjadinya mobilitas suatu masyarakat dalam sebuah negara. Keadaan negara yang tidak menentu berpengaruh ke situasi keamanan yang bisa mengakibatkan terjadinya mobilitas masyarakat ke daerah yang lebih aman.

6. Kependudukan (Demografi)

Faktor kependudukan bisa menyebabkan mobilisasi dalam arti geografik. Contoh, pemukiman yang semakin padat dapat mendorong sebagian warga masyarakat mencari tempat kediaman yang lain.

Selain itu, pertambahan penduduk juga bisa mengakibatkan menjamurnya pengangguran. Kondisi ini dapat mengubah status dan stratifikasi sosial dalam masyarakat. Ada yang menjadi kaya atau miskin. Ada yang mendapatkan jabatan tertentu tetapi ada juga yang kehilangan jabatan.

7. Keinginan untuk melihat daerah lain

Keinginan melihat daerah lain mendorong masyarakat untuk melakukan mobilitas geografik dari satu tempat ke tempat yang lain. Keadaan ini dapat menimbulkan terjadinya mobilitas sosial.

Misalnya, seorang turis ketika di negaranya berstatus sosial rendah, kemudian setelah pindah ke Indonesia ia menekuni beberapa usaha. Saat usahanya sukses, sang turis berhasil berubah status sosialnya menjadi kelas menengah, atau bahkan kelas atas.

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Pertama, sistem lapisan sosial yang tertutup. Sistem pelapisan sosial tertutup dalam masyarakat dapat menghambat kemungkinan individu melakukan mobilitas sosial naik.

Misalnya, dalam masyarakat feodal, hanya keturunan bangsawan yang dapat mendudukin lapisan sosial kelas atas. Sementara rakyat kecil tetap menempati lapisan sosial kelas bawah.

Kedua, kemiskinan. Sebagian besar masyarakat miskin merasa kesulitan untuk menaikkan kelas sosialnya karena terbentur minimnya biaya. Kemampuan menjalankan usaha dan menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi terbatas karena minimnya dana yang dimiliki.

Ketiga, kebudayaan masyarakat. Adakalanya masyarakat bersikap tertutup pada perubahan yang terjadi karena pengaru dari luar kebudayaannya.

Golongan masyarakat ini biasanya masih memegang teguh adat-adat dan tradisinya. Oleh karena itu, masyarakat sulit melakukan mobilitas sosial karena tidak mau menerima perubahan yang ada.


3. Rangkuman Mobilitas sosial kelas 8


Jawaban:

Nah tdi aku baru sekolah, ada merangkum juga.

Penjelasan:

Nih ya, semoga bermanfaat

Jawaban:

semoga membantu °•°

Penjelasan:

~belajarbersamabrainly~

maafklosalah:)


4. Dampak Mobilitas Sosial Ips Kelas 8​


dampak positif dari mobilitas sosial yaitu :

adanya dorongan atau usaha masyararakat untuk maju dan berkembangtimbulnya keharmonisan apabila adanya toleransi dalam masyarakat

dampak negatif mobilitas sosial, yaitu :

timbulnya konflikberkurangnya solidaritas kelompok dampak positif terjadinya mobilitas sosial

a Mendorong Seseorang untuk Lebih Maju

Terbukanya kesempatan untuk pindah diri strata ke strata yang lain menimbulkan motivasi yang tinggi pada diri seseorang untuk maju di berbagai bidang Kalian dapat membedakan kondisi Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan. Pada masa penjajahan, banyak rakyat kecil yang tidak memiliki cita cita menjadi camat, bupati, atau gubernur. Hal ini karena tidak adanya kesempatan untuk itu. Bagaimana dengan sekarang? Banyak rakyat kecil kemudian berhasil menjadi pemimpin di berbagai bidang

b Mempercepat Tingkat Perubahan Sosial

Mobilitas sosial akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik. Contoh: Indonesia sedang mengalami perubahan dari masyarakat agraris ke masyarakat industri. Perubahan ini akan lebih cepat terjadi jika didukung sumber daya manusia yang berkualitas. Hal itu berarti perlu peningkatan kualitas pendidikan.

Keberhasilan mobilitas sosial di Indonesia berarti membuat orang Indonesia memiliki kedudukan terhormat Cerdik cendekia yang semakin banyak secara langsung mendorong terjadinya perubahan sosial budaya masyarakat. Perubahan yang mudah dilihat, misalnya, pada masyarakat desa. Penduduk yang berhasil melakukan mobilitas sosial biasanya akan memengaruhi teman-teman atau masyarakat lainnya. Hal ini berarti secara langsung akan mendorong terjadinya perubahan sosial budaya di desa tersebut. Penduduk yang sebagian besar berpendidikan rendah, kemudian berpendidikan tinggi akan berpengaruh terhadap gaya hidup dan mata pencaharian mereka.

c. Meningkatkan Integrasi Sosial

Terjadinya mobilitas sosial dalam suatu masyarakat dapat meningkatkan integrasi sosial. Contohnya, ia akan menyesuaikan diri dengan gaya hidup, nilai nilai, dan norma-norma yang dianut oleh kelompok orang dengan status sosial yang baru sehingga tercipta integrasi sosial. Perubahan sosial yang terjadi pada suatu masyarakat akan mendapat respon yang berbeda dari masyarakat lain. Respon tersebut dapat berupa tentangan, namun juga dapat berupa penerimaan. Penerimaan pengaruh yang diakibatkan mobilitas sosial tentu merupakan salah satu contoh terjadinya integrasi dalam masyarakat.

dampak negatif mobilitas sosial

a Terjadinya Konflik

Mobilitas sosial merupakan salah satu perjuangan manusia dan kelompok sosial untuk mencapai posisi sosial yang semakin tinggi. Dalam hal ini, t wajar kalau kemudian timbul persaingan, yang kerap juga memicu konflik. Dalam perjalanan kehidupan manusia, persaingan tidak dapat dihindarkan Persaingan selalu muncul dengan berbagai kategorinya. Bahkan, persaingan bisa menjelma menjadi konflik sangat

Perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan mendapat tentangan luar biasa dari penjajah Konflik ini tidak dapat dihindarkan bahkan sampai terjadi perang Sebagai contoh kecil. perjuangan karyawan bawahan di suatu perusahaan untuk mencapai kedudukan yang lebih tinggi akan menghadapi persaingan dari karyawan lain, Bahkan, dapat pula berhadapan dengan atasan yang takut kedudukannya digeser.

Persaingan ataupun konflik perlu disikapi dengan bijaksana. Persaingan tidak dapat dihindarkan, tetapi persaingan yang tidak sehat akan menyebabkan konflik. Karena itulah, setiap perubahan sosial hendaknya selalu dikelola dengan sikap yang positif. Dengan demikian, tiap individu atau kelompok sosial yang berhasil atau gagal dalam usaha melakukan mobilitas sosial ke atas sama-sama ikhlas menerima kenyataan.

b. Gangguan Psikologis

Seseorang yang memiliki jabatan kadang khawatir kehilangan jabatan. Bahkan pada saat jabatan yang dimiliki sudah lepas, kadang ia tidak rela melepaskan jabatan tersebut. Banyak orang yang setelah kehilangan jabatan, baik karena diganti maupun karena sudah selesai masa tugasnya (pensiun), menjadi mudah gelisah. Individu yang mengalami keadaan seperti ini termasuk mengalami gangguan psikologis. Hal tersebut akan membahayakan diri sendiri karena stres yang berkepanjangan akan melahirkan berbagai penyakit psikis dan fisik lainnya.

#SemogaMembantu

#EagerToLearn


5. membuat materi mobilitas sosial​


Jawaban:

MATERI MOBILITAS SOSIAL

Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Hasil perpindahan status sosialnya bisa menjadi lebih tinggi, lebih rendah, bahkan tetap sederajat.

BENTUK MOBILITAS SOSIAL

Secara umum bentuk mobilitas sosial terbagi menjadi dua, yaitu vertikal dan horizontal.

*Mobilitas vertikal adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial lain yang tidak sederajat dari sebelumnya.

*Mobilitas horizontal, perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau kelompok tidak akan mengubah derajat sosialnya atau akan tetap sejajar seperti sebelumnya.

Faktor Pendorong Mobilitas Sosial

1 Struktural

2 Individu

3 ekonomi

4 politik

5 kependudukan

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

1 Kemiskinan

2 Diskriminasi

3 Stereotype Gender


6. dalam mobilitas sosial secara vertikal, ada saluran-saluran yang tersedia di masyarakat disebut .......A. socialB. circulationC. social circulationD. problema sosial - no ngasal - no copas - materi tentang = mobilitas sosial- pelajaran = IPS- kelas = 8​


Jawaban:

A. social

Penjelasan:

maaf ya kalau jawabannya salah


7. bikin rangkuman tentang materi mobilitas sosial ​


Rangkuman mengenai materi mobilisasi sosial sebagai berikut. Mobilitas sosial merupakan suatu perpindahan status sosial yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam suatu masyarakat. Hasil perpindahan status sosialnya dapat menjadi lebih tinggi, lebih rendah, bahkan tetap sederajat.

Pembahasan:

Berikut bentuk-bentuk dari mobilitas sosial adalah sebagai berikut:

Mobilitas Sosial Vertikal dapat dibedakan menjadi mobilitas sosial vertikal ke atas dan mobilitas sosial vertikal ke bawah. Adapun maksudnya adalah sebuah perpindahan status sosial yang terjadi bisa menjadi lebih tinggi (naik) maupun lebih rendah (turun). Makanya, mobilitas vertikal adalah sebuah perpindahan status sosial yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok ke status sosial lain yang tidak sederajat dari sebelumnya.Mobilitas Sosial Horizontal merupakan sebuah perpindahan status sosial yang dialami oleh seseorang atau kelompok tidak akan mengubah derajat sosialnya, namun, akan tetap sejajar seperti sebelumnya.

Berikut faktor-faktor mobilitas sosial adalah:

Struktural.Individu.Ekonomi.Politik.Kependudukan.

Berikut faktor penghambat mobilitas sosial adalah:

Kemiskinan. Masyarakat yang mengalami kemiskinan akan kesulitan untuk mencapai status sosial tertentu. Salah satu penyebab kemiskinan adalah pendidikan yang rendah. Diskriminasi adalah membedakan perlakuan terhadap sesama karena alasan beda bangsa, suku, ras, agama, dan golongan. Perbedaan Jenis Kelamin (Gender). Membeda-bedakan jenis kelamin, seperti memiliki pandangan bahwa derajat laki-laki lebih tinggi daripada wanita juga bisa menghambat mobilitas sosial.

Pelajari Lebih Lanjut:

Materi tentang pengertian mobilitas sosial https://brainly.co.id/tugas/31915281Materi tentang perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal brainly.co.id/tugas/12019825Materi tentang sebutkan dan jelaskan bentuk bentuk mobilitas sosial brainly.co.id/tugas/19001996

Detail Jawaban

Kelas   : 8

Mapel  : IPS

Bab      : 4

Kode    : 8.8.4

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3


8. cari materinya atau bikin rangkuman tentang materi mobilitas sosial ​


Jawaban:

Pengertian: Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Hasil perpindahan status sosialnya bisa menjadi lebih tinggi, lebih rendah, bahkan tetap sederajat.

>>Bentuk-Bentuknya :

Pembagian bentuk mobilitas sosial didasarkan pada berpengaruh tidaknya hasil perpindahan status sosial yang dialami dengan derajat sosial yang dimiliki. Secara umum bentuk mobilitas sosial terbagi menjadi dua, yaitu vertikal dan horizontal.

1. Mobilitas Sosial Vertikal

Mobilitas vertikal yang dibedakan menjadi mobilitas sosial vertikal ke atas dan mobilitas sosial vertikal ke bawah. Maksudnya, perpindahan status sosial yang terjadi bisa menjadi lebih tinggi (naik) maupun lebih rendah (turun). Makanya, mobilitas vertikal adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial lain yang tidak sederajat dari sebelumnya.

2. Mobilitas Sosial Horizontal

Dalam mobilitas horizontal, perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau kelompok tidak akan mengubah derajat sosialnya atau akan tetap sejajar seperti sebelumnya.

<<< FAKTOR :-1.Struktural -2.Individu - 3.Ekonomi -4. Politik  -5.Kependudukan -------FAKTOR PENGHAMBAT ---------------------------

Selain faktor pendorong, ada juga faktor penghambat bagi mobilitas sosial. Jika faktor-faktor di bawah ini masih ada maka akan sulit untuk masyarakat melakukan mobilitas sosial. Adapun faktor penghambat dari mobilitas sosial, yaitu:

1. Kemiskinan Masyarakat yang mengalami kemiskinan akan kesulitan untuk mencapai status sosial tertentu. Salah satu penyebab kemiskinan adalah pendidikan yang rendah. Emang kenapa kalau pendidikannya rendah? Dengan pendidikan yang rendah, kualitasnya sebagai sumber daya manusia pun juga menjadi rendah. Akibatnya, kemampuannya untuk bersaing dalam mendapatkan pekerjaan menjadi terbatas. 2. Diskriminasi Diskriminasi adalah membedakan perlakuan terhadap sesama karena alasan beda bangsa, suku, ras, agama, dan golongan. Nah, perlakuan membedakan seperti ini sangat tidak baik, selain dapat mengakibatkan konflik, juga dapat menghambat mobilitas sosial. 3. Perbedaan Jenis Kelamin (Gender) Membeda-bedakan jenis kelamin, seperti memiliki pandangan bahwa derajat laki-laki lebih tinggi daripada wanita juga bisa menghambat mobilitas sosial, lho! Misalnya, pandangan bahwa perempuan tidak perlu berpendidikan tinggi toh yang bekerja adalah suami. Nah, perilaku seperti itu dapat menghalangi prestasi dan kesempatan seseorang untuk melakukan mobilitas agar status sosialnya meningkat.Semoga Membantu :0Annyeong :)

9. Soal IPS kelas 8 tentang saluran mobilitas sosial ​


Soal:

1.ApaYangdimaksudMobilitasSosial,BerikanContohnya

2.ApayangdimaksudSocialClimbing

3.ApayangdimaksudSocialSinking

4.BerikanContohSocialClimbing

5.BerikanContohSocialSinking

Penjelasan:

1.Mobilitas berasal dari kata latin mobilis artinya mudah dipindahkan. Mobilitas sosial atau gerak sosial didefinisikan perpindahan orang atau kelompok dari strata sosial yang satu ke strata sosial yang lain.

2.Social climbing adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang

3.Social sinking adalah proses penurunan status atau kedudukan seseorang

4.Contohnya:

1.SeoranggurubiasayangdiangkatmenjadiKepalaSekolah

2.SeorangsiswayangdiangkatmenjadiKetuaKelas

3.SeorangWargabiasayangdipilihmenjadiKetuaRT

5.Contohnya:

1.SeorangKapoldayangditurunkanDerajatnyamenjadiPolisibiasa

2.SeorangManajeryangditurunkanderajatnyamenjadiPekerjabiasa

3.SeorangKepalasekolahyangditurunkanprofesinyamenjadiGurubiasa

Informasi:

1.Sayaudahpernah


10. tolong jawab pertanyaan ini ips kelas 8 mobilitas sosial​


Jawaban:

1. ekonomi

2.integrasi

3.. profesi

semoga membantu

cuma bisa 3:v


11. Mobilitas sosial adalah gerakan berpindah dari satu kelas ke kelas sosial lainnya,merupakan pengertian mobilitas sosial menurut


Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat terbuka karena lebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya, pada masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit. Contohnya, masyarakat feodal atau pada masyarakat yang menganut sistem kasta. Pada masyarakat yang menganut sistem kasta, bila seseorang lahir dari kasta yang paling rendah untuk selamanya ia tetap berada pada kasta yang rendah. Dia tidak mungkin dapat pindah ke kasta yang lebih tinggi, meskipun ia memiliki kemampuan atau keahlian. Karena yang menjadi kriteria stratifikasi adalah keturunan. Dengan demikian, tidak terjadi gerak sosial dari strata satu ke strata lain yang lebih tinggi.

Cara untuk melakukan mobilitas sosialSunting

Secara umum, cara orang untuk dapat melakukan mobilitas sosial ke atas adalah sebagai berikut :

kenaikan penghasilan

Kenaikan penghasilan tidak menaikan status secara otomatis, melainkan akan mereflesikan suatu standar hidup yang lebih tinggi. Ini akan memengaruhi peningkatan status.

Contoh: Seorang pegawai rendahan, karena keberhasilan dan prestasinya diberikan kenaikan pangkat menjadi Menejer, sehingga tingkat pendapatannya naik. Status sosialnya di masyarakat tidak dapat dikatakan naik apabila ia tidak mengubah standar hidupnya, misalnya jika dia memutuskan untuk tetap hidup sederhana seperti ketika ia menjadi pegawai rendahan.

Perkawinan

Untuk meningkatkan status sosial yang lebih tinggi dapat dilakukan melalui perkawinan.

Contoh: Seseorang wanita yang berasal dari keluarga sangat sederhana menikah dengan laki-laki dari keluarga kaya dan terpandang di masyarakatnya. Perkawinan ini dapat menaikan status seorang wanita tersebut.

Perubahan tempat tinggal

Untuk meningkatkan status sosial, seseorang dapat berpindah tempat tinggal dari tempat tinggal yang lama ke tempat tinggal yang baru. Atau dengan cara merekonstruksi tempat tinggalnya yang lama menjadi lebih megah, indah, dan mewah. Secara otomatis, seseorang yang memiliki tempat tinggal mewah akan disebut sebagai orang kaya oleh masyarakat, hal ini menunjukkan terjadinya gerak sosial ke atas.

Perubahan tingkah laku

Untuk mendapatkan status sosial yang tinggi, orang berusaha menaikkan status sosialnya dan mempraktikkan bentuk-bentuk tingkah laku kelas yang lebih tinggi yang diaspirasikan sebagai kelasnya. Bukan hanya tingkah laku, tetapi juga pakaian, ucapan, minat, dan sebagainya. Dia merasa dituntut untuk mengkaitkan diri dengan kelas yang diinginkannya.

Contoh: agar penampilannya meyakinkan dan dianggap sebagai orang dari golongan lapisan kelas atas, ia selalu mengenakan pakaian yang bagus-bagus. Jika bertemu dengan kelompoknya, dia berbicara dengan menyelipkan istilah-istilah asing.

Perubahan nama

Dalam suatu masyarakat, sebuah nama diidentifikasikan pada posisi sosial tertentu. Gerak ke atas dapat dilaksanakan dengan mengubah nama yang menunjukkan posisi sosial yang lebih tinggi.

Contoh: Di kalangan masyarakat feodal Jawa, seseorang yang memiliki status sebagai orang kebanyakan mendapat sebutan "kang" di depan nama aslinya. Setelah diangkat sebagai pengawas pamong praja sebutan dan namanya berubah sesuai dengan kedudukannya yang baru seperti "Raden"

Faktor penghambat mobilitas sosialSunting

Ada beberapa faktor penting yang justru menghambat mobilitas sosial. Faktor-faktor penghambat tersebut, antara lain sebagai berikut :



Nelson Mandela, pejuang persamaan hak kulit hitam di Afrika selatan

Perbedaan kelas rasial, seperti yang terjadi di Afrika Selatan pada masa lalu, dimana ras berkulit putih berkuasa dan tidak memberi kesempatan kepada mereka yang berkulit hitam untuk dapat duduk bersama-sama di pemerintahan sebagai penguasa. Sistem ini disebut Apartheid dan dianggap berakhir ketika Nelson Mandela, seorang kulit hitam, terpilih menjadi presiden Afrika Selatan

Agama, seperti yang terjadi di India yang menggunakan sistem kasta.

Diskriminasi Kelas dalam sistem kelas terbuka dapat menghalangi mobilitas ke atas. Hal ini terbukti dengan adanya pembatasan suatu organisasi tertentu dengan berbagai syarat dan ketentuan, sehingga hanya sedikit orang yang mampu mendapatkannya.

Contoh: jumlah anggota DPR yang dibatasi hanya 500 orang, sehingga hanya 500 orang yang mendapat kesempatan untuk menaikkan status sosialnya menjadi anggota DPR.

Kemiskinan dapat membatasi kesempatan bagi seseorang untuk berkembang dan mencapai suatu sosial tertentu.

Contoh: "A" memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya karena kedua orangtuanya tidak bisa membiayai, sehingga ia tidak memiliki kesempatan untuk meningkatkan status sosialnya.

Perbedaan jenis kelamin dalam masyarakat juga berpengaruh terhadap prestasi, kekuasaan, status sosial, dan kesempatan-kesempatan untuk meningkatkan status sosialnya.

Menurut Paul B. Horton

SEMOGA MEMBANTU, JADIKAN YANG TERBAIK KALAU MAU YA MAKASIH!


12. materi tentang pengaruh kebudayaan terhadap mobilitas sosial ​


Jawaban:

1. Dapat menimbulkan suatu konflik

2. Terjadinya keretakan hubungan antar anggota primer, yang disebabkan karena perpindahan status yang lebih tinggi atau status yang lebih rendah

3. Menimbulkan kecemasan atau ketegangan

Maaf bila kurang sempurna


13. rangkuman IPS kelas 8 1.pengertian mobilitas sosial 2.bentuk-bentuk mobilitas sosial 3.faktor-faktor pendorong dan penghambat sosial 4.saluran-saluran mobilitas sosial 5.dampak mobilitas sosial​


Jawaban:

Ada dibawah

Penjelasan:

1.Pengertianmobilitassosial

Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat.

2.Bentuk-bentukmobilitassosial

a.Mobilitas sosial vertikal

b.Mobilitas sosial horizontal

c.Mobilitas sosial antargenerasi

Maaf cuma itu yang kutahu


14. Silahkan dibuat Ringkasan lanjutan materi tentang :-Saluran - saluran mobilitas sosial-Dampak mobilitas sosial​


Jawaban:

-saluran -saluran mobilitas sosial

mobilitas sosial bisa dilakukan melalui 7 saluran mobilitas sosial, yaitu angkatan bersenjata, lembaga-lembaga keagamaan, organisasi politik, organisasi ekonomi, organisasi keahlian, dan perkawinan. Semua saluran itu terbuka bagi siapa pun yang hendak memasukinya.

-dampak mobilitas sosial

•dampak negatif

1.Adanya kecemasan akan terjadi penurunan status bila terjadi mobilitas menurun.

2.Timbulnya ketegangan dalam mempelajari peran baru dari status jabatan yang meningkat.

3.Keretakan hubungan antaranggota kelompok primer, yang semula karena seseorang berpindah ke status yang lebih tinggi atau ke status yang lebih rendah.

•dampak positif

a.Mendorong Seseorang untuk Lebih Maju

b.Mempercepat Tingkat Perubahan Sosial Masyarakat ke Arah yang lebih baik

c.Meningkatkan Integrasi Sosial


15. Pelajaran ips kelas 8 kurikulum 2013 jelaskan pengertian mobilitas sosial jelaskan pengertian mobilitas sosial


Jawaban:

semoga membantu ,,,,,,


16. Kesimpulan Faktor-faktor Pendorong dan Penghambat Mobilitas Sosial, Saluran-saluran Mobilitas Sosial dan Dampak Mobilitas Ips Kelas 8​


Jawaban:

Faktor Struktural

Faktor struktural adalah jumlah relatif dari posisi tertentu yang bisa diisi. Ketika status sosial yang dituju oleh individu memang ada tempatnya untuk diisi, maka kondisi tersebut dapat mendorong terjadinya mobilisasi sosial. Contoh, adanya lowongan pekerjaan dapat mendorong pengangguran untuk melalukan mobilitas sosial.

2. Faktor Individu

Faktor individu merujuk pada kualitas seseorang, baik dari pendidikan, penampilan, keterampilan, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk dalam cakupan individu yakni perbedaan kemampuan, orientasi sikap terhadap mobilitas, dan keberuntungan.

3. Status Sosial

Sejak manusia lahir, ia telah berada di status sosial tertentu mengikuti orang tuanya. Apabila seorang individu tidak puas dengan status sosial yang diwariskan oleh orang tuanya, ia dapat mencari kedudukan sendiri dan melakukan mobilisasi sosial. Hal ini hanya mungkin terjadi di struktur sosial masyarakat yang terbuka.

4. Faktor Ekonomi

Keadaan ekonomi dapat menjadi pendorong terjadinya mobilitas sosial. Kenyataan hidup yang serba kekurangan dapat mendorong manusia untuk giat bekerja dan merubah status sosialnya.

5. Situasi Politik

Situasi politik dapat menyebabkan terjadinya mobilitas suatu masyarakat dalam sebuah negara. Keadaan negara yang tidak menentu berpengaruh ke situasi keamanan yang bisa mengakibatkan terjadinya mobilitas masyarakat ke daerah yang lebih aman.

6. Kependudukan (Demografi)

Faktor kependudukan bisa menyebabkan mobilisasi dalam arti geografik. Contoh, pemukiman yang semakin padat dapat mendorong sebagian warga masyarakat mencari tempat kediaman yang lain.

Selain itu, pertambahan penduduk juga bisa mengakibatkan menjamurnya pengangguran. Kondisi ini dapat mengubah status dan stratifikasi sosial dalam masyarakat. Ada yang menjadi kaya atau miskin. Ada yang mendapatkan jabatan tertentu tetapi ada juga yang kehilangan jabatan.

7. Keinginan untuk melihat daerah lain

Keinginan melihat daerah lain mendorong masyarakat untuk melakukan mobilitas geografik dari satu tempat ke tempat yang lain. Keadaan ini dapat menimbulkan terjadinya mobilitas sosial.

Misalnya, seorang turis ketika di negaranya berstatus sosial rendah, kemudian setelah pindah ke Indonesia ia menekuni beberapa usaha. Saat usahanya sukses, sang turis berhasil berubah status sosialnya menjadi kelas menengah, atau bahkan kelas atas


17. Mobilitas sosial adalah sebagai perpindahan suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial kekelas sosial lainnya. Merupakan pengertian mobilitas sosial menurut


menurut Horton Dan Hunt

18. suatu sosial suatu gerakan perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya disebutA. mobilitas sosialB.mobilitas pendudukC. mobilitas dinamisD. mobilitas geografis​


Jawaban:

A. Mobilitas Sosial

Penjelasan:

Mobilitas sosial adalah suatu kondisi sosial suatu gerakan perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.


19. Setelah kamu memahami apa itu mobilitas sosial, cobasekarang kamu tuliskan mobilitas sosial apa yg pernah kamuAtau Keluarga kami mu alami, kemudian kategorikan termasukdalam bentuk mobilitas sosial yg mana sebut kan minimal 5Peristiwa yal contoh: ketika naik kelas dari Kelas 7 ke kelas 8termasuk bentuk mobilitas sosial vertikal baik​


Jawaban:

baik hati

Penjelasan:

maaf kalau salah


20. Baba mobilitas sosialMateria. mobilitas sosialb. bentuk-bentuk mobilitas sosial​


Jawaban:

b.bentuk bentuk mobilitas sosial semoga membantu


Video Terkait


Materi Mobilitas Sosial Kelas 8 Pdf Materi Mobilitas Sosial Kelas 8 Pdf Reviewed by Derby on March 03, 2023 Rating: 5

No comments